Blog Tribunners

Manfaat Belimbing untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah pada pembuluh darah bersih meningkat.

Manfaat Belimbing untuk Turunkan Tekanan Darah Tinggi
nakita
Sari belimbing 
TRIBUNNERS - Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tekanan darah pada pembuluh darah bersih meningkat. Tingginya tekanan darah pada penyakit hipertensi dapat diturunkan dengan cara obat maupun tanpa obat.
Pada umumnya, usaha penurunan tekanan darah tinggi tanpa obat biasanya dilakukan dengan cara mengkonsumsi jus. Salah satu jus yang direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah berasal dari buah belimbing.
Manfaat jus belimbing untuk menurunkan tekanan darah tidak terlepas dari kandungan vitamin, mineral dan nutrisi yang terkandung didalamnya. Berikut mari kita lihat apa saja manfaat buah belimbing atau jus belimbing untuk kesehatan.
Sebelumnya kita lihat dulu kandungan yang ada dalam belimbing sehingga buah bintang atau star fruit ini suka kita konsumsi dengan rutin. Oh, ya kalau anda susah mendapatkan buah ini, datangi saja pasar tradisional, biasanya buah belimbing ada disana.
Kandungan dalam buah belimbing adalah provitamin A, vitamin C, B1 dan B2 sampai beragam mineral penting seperti fosfor, kalsium, zat besi, kalium, serat, dan pektin. Bagaimana? Sungguh luar biasa, jadi wajar saja buah yang satu ini kaya manfaat.
Buah belimbing memiliki khasiat yang sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi apabila konsumsumsi dalam bentuk jus.
Hal ini dikarenakan kandungan kandungan vitamin, mineral, serat dan beragam antioksidan dalam buah belimbing yang berguana bagi penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah. Meskipun demikian, konsumsi buah belimbing tidak disarankan bagi penderita ginjal karena dapat menimbulkan efek buruh bagi penderita penyakit ginjal.
Untuk mengkonsumsi buah belimbing dalam bentuk jus untuk menurunkan tekanan darah, Anda dapat langsung memblender buah belimbing dengan campuran air serta gula secukupnya. Namun apabila Anda merasa bosan dengan resep jus belimbing yang begitu-begitu saja, berikut kami beberapa resep jus belimbing yang dapat Anda kreasikan di rumah.
Cara Membuat Jus Belimbing
Bahan-bahannya adalah:
- 200 gram belimbing, potong-potong
- 1 tangkai seledri
- 250 ml jus apel
- 1 sdm gula pasir
- ½ sdm air jeruk lemon
- Es batu
Cara Membuat:
- Pertama potong-poting belimbing, campurkan dengan sayur seledri, jus apel, gula pasir, dan jeruk lemon
- Langkah kedua adalah memblender jus semua bahan ini hingga lembut
- Tambahkan es batu demi kesegaran tiada tara :)
 

Selengkapnya

Penulis: rinda septiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help