Banyak Pemuda Ingin Jadi Pengusaha Tapi Tak Tahu Caranya

Bahlil membayangkan hanya dengan angka tersebut negeri ini mencapai pertumbuhan ekonomi 5 sampai 6 persen.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Mudah Indonesia (HIPMI) Bahlil Lahadalia ingin menjadi promotor sekaligus bukti wirausaha-wirausaha yang sangat sukses pada usia yang sangat muda.

Menurut Bahlil, HIPMI sejauh ini sudah punya peran aktif dalam mendorong wirausaha muda di kampus-kampus dan sudah terbukti keberhasilannya.

Bahkan banyak mahasiswa yang mengidolakan tokoh-tokoh pengusaha muda seperti Sandiaga Uno, Muhammad Lutfi, Erick Thohir, dan Anindya Bakrie sebagai idola. Bahlil menargetkan dapat menjaring sekitar 1 juta pengusaha baru.

“Banyak muda-mudi Indonesia yang ingin jadi pengusaha, tapi tidak tahu caranya dan harus bertanya ke siapa,” kata Bahlil dalam deklarasi Calon Ketua HIPMI di Museum Gajah, Senin malam (16/12/2014).

Dari data HIPMI saat ini jumlah wirausaha sudah mencapai 1,2 persen dari total populasi. Bahlil membayangkan hanya dengan angka tersebut negeri ini mencapai pertumbuhan ekonomi 5 sampai 6 persen.

"Andai jumlah pengusaha melebih angka tersebut, Indonesia bukan lagi jadi Zamrud Khatulistiwa, tapi bisa jadi Zamrud Dunia," ungkap Bahlil.

Bahlil yang mengawali usahanya dari jualan kue dan supir angkot itu memang sudah berhasil membangun ratusan infrastruktur di Papua dan Papua Barat.

Dia berharap kesuksesannya membangun Papua itu dapat menular ke seluruh kader HIPMI sebagai seorang pengusaha. Apalagi, kader HIPMI saat ini memiliki latar belakang yang lebih baik dibanding dirinya yang hanya anak seorang kuli dan tukang cuci.

“HIPMI sebelumnya sudah dipimpin oleh kader dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Tapi belum ada yang dari Papua dan Maluku,” tutur pria yang sudah berorganisasi di HIPMI selama 10 tahun itu.

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved