Hadapi Peningkatan Pemudik, Pelindo 1 Lakukan Pembenahan Fasilitas

Kesiapan tersebut dengan pemantauan delapan cabang pelabuhan yaitu pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai

Hadapi Peningkatan Pemudik, Pelindo 1 Lakukan Pembenahan Fasilitas
TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) melakukan persiapan dan pembenahan fasilitas pendukung di seluruh pelabuhan milik perseroan dalam mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik.

Kesiapan tersebut dengan pemantauan delapan cabang pelabuhan yaitu pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan.

Sekretaris Perusahaan Pelindo 1, M. Eriansyah mengatakan, ‎persiapan dan pembenahan fasilitas pendukung seperti perbaikan fasilitas gedung terminal penumpang termasuk penyediaan garbarata di terminal penumpang Belawan, pemasangan automatic gate.

"Kemudian, penyediaan fasilitas video confrence untuk komunikasi dan koordinasi dengan cabang pelabuhan dan instansi terkait, serta fasilitas shuttle bus dari Pelabuhan Belawan ke beberapa Terminal Bus Medan," tutur Eriansyah, Jakarta, Rabu (14/6/2017).

Selain itu, kata Eriansyah, Pelindo 1 juga akan menyiapkan posko terpadu disetiap cabang pelabuhan dan dibentuk tim pemantau kesiapan angkutan Lebaran 2017 beranggotakan Kesyahbandaran, otoritas pelabuhan PT Pelindo, Polri, TNI AL, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kesehatan Pelabuhan.

Tim ini akan bertugas melakukan pemantauan kegiatan embarkasi dan debarkasi, pemantauan bongkar muat barang, koordinasi dengan pihak pihak terkait, kegiatan pusat pengendalian trafik dan pusat informasi dan pelaporan.

"Penyelenggaraan posko terpadu akan dimulai pada (H-10) 15 Juni 2017 hingga (H+15) pada 11 Juli 2017," ucapnya.

Berdasarkan ‎hasil monitoring angkutan Lebaran pada 2016, di pelabuhan Belawan mengalami pertumbuhan yang paling besar yaitu 22 persen, mencapai 33.036 penumpang naik dan turun dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 26.975 penumpang.

Kemudian, Pelabuhan Tanjung Pinang sebanyak 217.271 penumpang dan ‎Pelabuhan Dumai mengalami pertumbuhan sebesar 14 persen menjadi 80.391 orang penumpang.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved