Apa Kata Gubernur BI soal Dampak 'Shutdown' AS ke Indonesia?

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memastikan tidak ada dampak berarti dari shutdown pemerintah di Amerika Serikat

Apa Kata Gubernur BI soal Dampak 'Shutdown' AS ke Indonesia?
TRIBUNNEWS/SYAHRIZAL SIDIK
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memastikan tidak ada dampak berarti dari shutdown pemerintah di Amerika Serikat sejak hari Sabtu (20/1/2018). Jika memang nantinya ada dampak, belum tentu hal negatif yang akan dirasakan di Indonesia.

"Kalau shutdown itu bukan berarti seluruh institusinya berhenti, tetapi sebagian dan itu hanya di tingkat federal. Dampaknya pada Indonesia, kalaupun ada, itu positif," kata Agus saat ditemui di gedung Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2018).

Menurut Agus, shutdown Pemerintah AS sifatnya hanya sementara. Terlebih, ini bukan pertama kalinya Pemerintah AS mengalami shutdown atau penghentian layanan pemerintahan.

Ketika ditanya apakah salah satu dampak positif yang dimaksud adalah menguatnya rupiah terhadap dollar AS, Agus menuturkan tidak menyebut seperti itu secara langsung. Namun, dia meyakini seluruh pemangku kepentingan di AS berupaya keras mencari jalan keluar untuk menyudahi shutdown.

Diberitakan sebelumnya, kongres Amerika Serikat meloloskan rencana anggaran pemerintah untuk mengakhiri shutdown atau penutupan pemerintah federal pada Senin waktu setempat.

Dalam pemungutan suara oleh The House of Representative (HOR) atau DPR, total suara yang menyetujui anggaran tersebut mencapai 266, sedangkan yang tidak setuju 159 suara.

Di Senat, voting menghasilkan suara 81-18. Artinya, mayoritas senator Partai Demokrat telah bergabung dengan 49 senator Partai Republik untuk meloloskan anggaran pemerintah tahun ini.

Adapun Senat merupakan perwakilan dari tiap-tiap negara bagian yang dipilih oleh rakyat negara bagian yang bersangkutan.

Berita Ini Sudah Dipublikasikan di Kompas.com, dengan judul: Gubernur BI: Dampak "Shutdown" AS, kalaupun Ada, Itu Positif

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved