Eksklusif Tribunnews

Jakarta Sambut Kendaraan Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah membangun ribuan stasiun penyedia listrik umum (SPLU) yang bisa digunakan oleh masyarakat.

Jakarta Sambut Kendaraan Listrik
IST
Hasil perbandingan konsumsi kendaraan listrik BPPT 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Terkait penerbitan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan, DKI Jakarta dalam kondisi siap menjalankan perpres tersebut.

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah membangun ribuan stasiun penyedia listrik umum (SPLU) yang bisa digunakan oleh masyarakat.

Kepala Bidang Pengelolaan Energi Listrik, Minyak, dan Gas Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta Edward Napitupulu mengatakan PT PLN telah membangun 1143 SPLU yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Baca: Nilai Kompensasi Listrik Padam Tak Sesuai Ekspektasi, Menteri Rini Janji Temui Jonan

Menurut Edward SPLU yang mayoritas berada di lokasi ramai pinggir jalan, seperti tempat berdagang, taman, dan sebagainya bisa digunakan untuk kendaraan listrik yang bukan kendaraan roda empat atau lebih.

Sebuah kendaraan roda empat atau lebih yang ingin melakukan pengisian ulang di SPLU membutuhkan waktu minimal empat sampai lima jam. Menurut Edward wajar sebuah kendaraan roda empat atau lebih membutuhkan waktu minimal sebanyak itu karena baterainya memiliki daya yang cukup besar.

Baca: Dari Dulu Mobil Listrik Tesla sudah Bebas Pajak Barang Mewah

Untuk kendaraan roda empat atau lebih, pengisian bisa dilakukan di tempat yang tidak mengganggu mobilitas masyarakat. Saat ini pengisian bisa dilakukan di Gedung PLN Gambir, Monumen Nasional, dan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Baca: Saat Najwa Shihab Kaget Gubernur Papua Tak Percaya Undang-undang: Gubernur Tak Percaya UU Pak Lukas?

"Tahun ini rencananya PLN juga membangun 1000 SPLU di Jakarta karena tahun ini PLN akan mengeluarkan sepeda motor listrik. Kalau yang punya mobil bisa saja menunggu lama untuk mengisi," ujar Edward kepada Tribun Network beberapa waktu lalu.

Sejauh ini di Jakarta terdapat tiga fasilitas SPLU yang dapat digunakan untuk kendaraan roda empat atau lebih. Tempat tersebut berada di SPBU Coco di Jalan Rasuna Said, Kuningan, gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jalan Thamrin dan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya di Gambir.

Berdasarkan penelurusan Tribun Network, di SPBU Coco terdapat empat unit pengisian daya baterai yang berada di area parkir. Unit ini disebut green energy station. Menurut penuturan petugas SPBU Coco unit tersebut belum digunakan karena belum ada aturan yang menentukan tarif rupiah/kWh.

Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi BPPT Mohammad Mustofa Sarinanto mengatakan pihaknya menyediakan fasilitas pengisian daya untuk kendaraan listrik di Gedung BPPT RI di Jakarta dan Tangerang tanpa dipungut bayaran. Menurut Mohammad kebijakan tanpa pungutan bayaran ini masih bersifat sementara.

Baca: Mau Tahu Besaran Kompensasi Pemadaman Listrik? Cek Tagihan PLN di Bulan September

Halaman
123
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved