Jokowi Ingatkan BUMN Tak Ambil Semua Proyek Infrastruktur Pemerintah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak mengambil semua proyek yang dikerjakan pemerintah.

Jokowi Ingatkan BUMN Tak Ambil Semua Proyek Infrastruktur Pemerintah
TRIBUNNEWS/SENO
Presiden Jokowi di Pembukaan Rapat Koordinasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 2019 di Jakarta, Rabu (6/11/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak mengambil semua proyek yang dikerjakan pemerintah.

"BUMN jangan ambil semuanya, berikan ruang bagi swasta termasuk pengusaha lokal untuk terlibat dalam pengembangan infrastruktur," kata Jokowi di JI-Expo Kamayoran, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Menurutnya, setiap kunjungan ke daerah, para kontraktor lokal selalu mengeluhkan keterlibatan mayoritas BUMN di berbagai proyek program pemerintah, tanpa memberikan kesempatan pengusaha daerah.

Baca: Kemarahan Joko Widodo Saat Tahu Pacul dan Cangkul Impor: Kebangetan Banget, Uangnya Pemerintah Lagi

"Saya sudah perintahkan, enggak sekali dua kali. Saya harap lima tahun ke depan peran swasta bisa diberikan ruang sebesar-besarnya," ucap Jokowi yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengimbau BUMN di sektor karya tidak mengerjakan proyek konstruksi bernilai di bawah Rp100 miliar.

" Saya telah berkirim surat kepada Menteri BUMN meminta agar BUMN konstruksi tidak masuk pada pekerjaan di bawah Rp 100 miliar," kata Basuki.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved