Natal dan Tahun Baru 2020

Libur Natal dan Tahun Baru, Stok Kursi Penumpang di Pelni Mulai Menipis

Ada beberapa rute kapal Pelni yang kursi penumpangnya sudah banyak terjual.

Libur Natal dan Tahun Baru, Stok Kursi Penumpang di Pelni Mulai Menipis
/
Pemudik kapal Pelni menjelang arus mudik Idul Fitri 2019 di kapal jurusan Ambon - Jakarta di Pelabuah Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (2/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM - PT  Pelni (Persero) telah menjual tiket untuk angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru). Stok tiket kapal yang tersedia kini terus bergerak dan kursi untuk keberangkatan tanggal tertentu di beberapa rute mulai menipis.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro mengatakan ada beberapa rute kapal Pelni yang kursi penumpangnya sudah banyak terjual.

Di antaranya, KM Kelud dan KM Dorolonda untuk rute Tanjung Priok-Belawan dan rute Batam-Belawan, KM Umsini (Makassar-Maumere), KM Binaiya (Makassar-Labuan Bajo-Bima), serta KM Umsini (Surabaya-Maumere).

Sisa kursi yang masih tersedia di antaranya untuk KM Nggapulu dan KM Ciremai pada ruas Tj. Priok-Makassar serta ruas Makassar-Ambon, KM Tidar (Sorong-Ambon), serta KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang (Makassar-Kupang).

"Bagi penumpang yang belum memperoleh seat kapal Pelni, kami menghimbau agar bergeser ke tanggal keberangkatan selanjutnya demi keselamatan dan kenyamanan penumpang," kata Yahya dalam keterangannya, Rabu (11/12/2019). 

Yahya menjelaskan, tiket Pelni bisa dibeli dengan cara mengakses website resmi PELNI, aplikasi PELNI Mobile App, agen resmi, call center PELNI 162, dan loket-loket di kantor cabang.

Baca: Tol Layang Jakarta-Cikampek Dioperasikan Tanpa Tarif Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Penumpang bisa memesan tiket via HP dan melakukan pembayaran melalui ATM atau Indomaret dan Alfamart terdekat. Setelah mendapat kode booking, tiket dapat dicetak saat akan berangkat di pelabuhan keberangkatan.

Baca: Ini Prediksi Waktu Puncak Lalu Lintas Saat Natal dan Tahun Baru

Arus puncak penumpang kapal Pelni diperkirakan akan terjadi pada H-4 tanggal 21 Desember 2019 sedangkan untuk pasca Natal akan jatuh pada H+11 tanggal 5 Januari 2020.

Prediksi volume pada puncak Natal akan mencapai 33.838 pelanggan dan pada arus balik akan mencapai 24.253 pelanggan. Penumpang Natal dan tahun baru diperkirakan akan naik 5,8 persen dari 516.825 pelanggan di 2018 menjadi 548.801 pelanggan di 2019.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved