Breaking News:

Virus Corona

Penjualan Berlian Dunia Melesu Imbas dari Pandemi Virus Corona

Hal ini merupakan dampak dari pandemi virus corona atau Covid-19 yang berimplikasi pada krisis ekonomi global dan rantai pasokan

TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
ILUSTRASI - Pengusaha Muda Perhisan Berlian, Aleta Molly, belakangan ini mendadak viral lantaran memberi hadiah berlian kepada pengacara kondang, Hotman Paris Hutapea. Gadis remaja berusia 18 tahun itu mengaku memang ngefans dengan sosok Hotman yang menurutnya banyak menginspirasi. TRIBUNNEWS.COM/IST 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKWA - Produsen berlian global terkemuka, ALROSA dari Rusia, melaporkan penjualannya turun sepuluh kali lipat dalam satu bulan saja.

Hal ini merupakan dampak dari pandemi virus corona atau Covid-19 yang berimplikasi pada krisis ekonomi global dan rantai pasokan.

Baca: Jabat Menparekraf, Nama Wishnutama Masih Tercatat sebagai Komisaris Tokopedia

Pada April lalu, ALROSA menjual total berlian kasar dan halus senilai 15,6 juta dolar Amerika Serikat (AS).

Angka ini turun lebih dari 152 juta dolar AS pada bulan sebelumnya dan merosot dari 400 juta dolar AS dalam penjualan di awal tahun 2020.      

Seperti yang disampaikan Wakil CEO ALROSA, Evgeny Agureev dalam sebuah pernyataan resminya.

"Pembatasan yang diberlakukan banyak negara di dunia untuk melawan virus ini serta penurunan permintaan untuk perhiasan berlian telah membuat perdagangan berlian kasar dan poles di seluruh dunia merosot," kata Agureev.

Dikutip dari laman Russia Today, Senin (18/5/2020), penurunan signifikan ini terjadi karena perusahaan itu menawarkan penundaan pembelian kepada para kliennya.

Padahal pemesanan semula telah dijadwalkan pada bulan April lalu.

Langkah ini diambil untuk mengimbangi tantangan yang dihadapi industri berlian saat ini.

Kendati demikian, ALROSA berharap bahwa krisis ini hanya akan berlangsung singkat dan permintaan terhadap permata akan mulai pulih di awal kuartal ketiga.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved