Breaking News:

Manfaat Tapera Bagi Nasabah MBR yang Sudah Punya Rumah

Adi menjelaskan manfaat yang dapat dirasakan antara lain renovasi rumah hingga pembangunan rumah jika sudah memiliki tanah sendiri.

Tribunnews/Herudin
Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Adi Setianto 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Adi Setianto menjelaskan pekerja formal atau nasabah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang telah memiliki rumah tetap akan mendapatkan manfaat.

Adi menjelaskan manfaat yang dapat dirasakan antara lain renovasi rumah hingga pembangunan rumah jika sudah memiliki tanah sendiri.

"Masa sudah 20 tahun tidak mau renovasi sih. Nah, ini bisa didapat manfaatnya," kata Adi saat konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat (5/6/2020).

Baca: Pekerja Asing yang Sudah Bekerja Enam Bulan Wajib Jadi Nasabah Tapera

Baca: Istana: Tapera untuk Pemenuhan Kebutuhan Papan dan Kewajiban Konstitusional 

Kriteria akses pinjaman ke perbankan untuk merenovasi atau membangun rumah di atas tanah sendiri ini bisa diajukan oleh peserta yang telah satu tahun menjadi peserta Tapera.

Ada sejumlah pilihan bank dan lembaga pembiayaan lain yang bekerja sama dengan program Tapera yang bisa dipilih peserta.

“Pembiayaan Tapera bisa digunakan peserta untuk membangun rumah di lahan milik sendiri atau melakukan renovasi rumah,” ujar Adi.

Program Tapera akan menjadi solusi kepemilikan rumah bagi seluruh pekerja ASN, BUMN, swasta, maupun wirausaha.

Pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat menjadi titik awal pekerja wajib mencicil rumah dari penghasilannya sendiri.

Dalam PP itu pekerja yang dimaksud yakni setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved