Breaking News:

Cara Maksimalkan Modal untuk Membangun Website Menurut Tokopedia

"Jadi kalau kita bicara tentang SEO itu bukan hanya bicara tentang ranking," katanya

417marketing.com
ilustrasi e-commerce 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tokopedia membagikan cara mengoptimalkan modal untuk membangun website dengan cara memberi perhatian khusus pada SEO (Search Engine Optimization) atau pengoptimalan mesin telusur.

Lewat Media Workshop pada Selasa (23/6/2020), melalui virtual meeting, SEO Senior Lead Tokopedia, Frans Fernando
mengungkap caranya.

Baca: Strategi Bertahan Pebisnis Fashion di Tengah Pandemi

"Jadi kalau kita bicara tentang SEO itu bukan hanya bicara tentang ranking. Jadi kebanyakan dari kita mengetahui konsep SEO itu adalah ranking website, mendapat traffic sebanyak-banyaknya tapi dari diskusi kali ini saya ingin memberi tahu bahwa itu lebih dari bagaimana kita mengoptimalkan investasi awal," tutur Frans saat Workshop, Selasa (23/6/2020).

Selain memaksimalkan modal dalam membangun website agar mendapatkan kunjungan dari halaman pencarian, tujuan mengelola SEO lainnya ialah untuk mengakuisisi pengguna dan menjadi opsi referensi dari semua atau sebagian kata kunci yang dicari pengguna.

Ketiga ialah mengubah traffic pencarian menjadi kunjungan langsung tanpa melewati pihak kedua.

Keempat, memastikan situs dapat menjawab pencarian reaI time dan terkini dari para pengguna internet.

Yang terakhir, mengefisiensikan upaya mengakuisisi pengguna serta pengunjung.

"Apa yang diharapkan dari SEO? Yang diharapkan ialah dapat meningkatnya konten yang kita buat, yang ditulis itu dapat menyelesaikan masalah yang dicari pengguna. Konten yang ditulis menawarkan solusi yang dicari pengguna. Kedua, akhirnya pengguna lebih memilih untuk mengkonsumsi konten di situs kita karena sesuai dengan yang mereka cari," ungkap Frans.

Frans menambahkan bahwa untuk mengoptimasi website, membangun infrastruktur dan menempatkan nilai unik seperti konten dan kata kunci pada halaman website menjadi daya tarik utama.

Baca: Sandiaga Sebut Keluarga dan UMKM Harus Jadi Prioritas Utama Untuk Benahi Ekonomi Akibat Covid-19

Kemudian, memastikan adanya jalan bagi bot atau robot web dalam proses mengenali halaman dan menyimpannya sebagai hasil pencarian.

"Tak lupa meninjau dan memperbaiki kata kunci guna menjaga relevansi dan presentasi halaman di hasil pencarian akan memudahkan website kita sering dicari pengguna internet. Jangan lupa menjaga keseimbangan nilai investasi pada setiap halaman serta performa website," jelasnya.

Penulis: Lita febriani
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved