Breaking News:

Raden Pardede: Undang Investor, Pemerintah Juga Peduli Lingkungan

Investasi yang masuk ke Indonesia bertujuan untuk memulihkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Penulis: Sanusi
Editor: Hasanudin Aco
Tribunnews/JEPRIMA
Ekonom senior Raden Pardede saat menjadi pembicara pada acara diskusi meningkatkan daya saing nasional melalui pelatihan vokasi di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Eksekutif I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Raden Pardede mengatakan, pemerintah sangat peduli dengan kelestarian lingkungan.

Menurutnya, selain mengundang investasi datang ke Indonesia lewat RUU Cipta Kerja, pemerintah juga berhati-hati terhadap dampak yang terjadi kepada lingkungan.

Hal ini pun menepis anggapan dari beberapa kalangan yang menyebut pemerintah tidak peduli terhadap dampak lingkungan dan akan menghilangkan analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) melalui Omnibus Law Cipta Kerja.

"Pemerintah sangat concern terhadap lingkungan. Oleh karena itu, kita tidak menghilangkan Amdal dalam RUU Cipta Kerja," kata Raden Pardede di Kemenko Perekonomian, Senin (10/08/2020).

Baca: Pandemi Covid-19 Ubah Paradigma Investor Tentang Strategi Membiakkan Modal

Raden Pardede menjelaskan, investasi yang masuk ke Indonesia bertujuan untuk memulihkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Maka dari itu, investasi tidak boleh dipersulit agar Indonesia dilirik investor.

"Terkait Amdal, jika ada investasi yang berisiko tinggi terhadap lingkungan maka harus ada kajian khusus agar tidak merusak lingkungan dan harus ada Amdal," ujarnya.

Raden Pardede juga menjelaskan, jika ada investasi yang tidak berisiko mengganggu lingkungan maka tidak perlu diberikan Amdal.

"Pemerintah akan memilah investasi mana saja yang beresiko tinggi terhadap lingkungan apa tidak. Jika tidak berisiko maka tidak diperlukan Amdal," imbuhnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved