Breaking News:

Prabowo Akan Tanam Singkong di Lahan 60 Ribu Hektar: Program Lumbung Pangan Kemenhan

Dari 60.000 lahan penanaman singkong yang digagas Prabowo Subianto, 60.000 hektar diantaranya berada di Provinsi Bengkulu.

Chaerul Umam/Tribunnews.com
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kementerian Pertahanan RI menyiapkan lahan seluas 60 ribu hektar untuk penanaman singkong untuk mendukung program lumbung pangan Kementerian Pertahanan yang digagas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Lahan tersebut di antaranya berada di Provinsi Bengkulu sebanyak 30 ribu hektar.

"Usulan dari Kemhan kita diminta untuk menyediakan lahan yang dibutuhkan sekitar 30 ribu hektar, maka untuk penyediaan lahannya mulai kita kaji," kata Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri, Rabu (16/9/2020).

Lahan seluas 30 ribu hektar yang akan ditanami singkong tersebut tersebar di beberapa daerah di Bengkulu, di antaranya Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Seluma, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Rejang Lebong.

Ketua Tim Program Badan Cadangan Logistik Strategis Provinsi Bengkulu, Kolonel Laut (KH) Joni Agoesta, menyebut rencana penanaman singkong berskala besar ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan nasional.

Baca: 30 Ribu Hektar Lahan Food Estate di Pulau Pisang Kalteng Akan Ditanami Singkong

"Pangan sebagai salah satu pilar utama dalam ketahanan negara, salah satu upaya penyediaan lumbung pangan itu adalah dengan penanaman singkong ini," ujarnya.

Nantinya kata Joni kebun singkong tersebut akan dikelola oleh TNI bersama dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu serta melibatkan masyarakat sekitar dengan pola rekruitmen.

Tidak Masuk Food Estate

Menteri Pertanian ( Mentan), Syahrul Yasin Limpo atau SYL, menegaskan program penanaman singkong oleh Kementerian Pertahanan tidak termasuk yang akan digarap tahun ini oleh Kementerian Pertanian.

Dalam program food estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah ( Kalteng), telah disiapkan lahan seluas 30.000 hektar yang dibagi untuk Kementan dan Kemenhan.

Baca: Mengatasi Kemungkinan Kelangkaan Pangan, Aktivis Penggerak Literasi Bagikan Bibit Singkong Gratis

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved