Breaking News:

SIM Jepang dan Kartu MyNumber Jadi Satu Paling Cepat Tahun 2026

Untuk mengintegrasikan SIM dan kartu MyNumber perlu dikembangkan sistem untuk mengelola data.

NHK
Tiga menteri saat membicarakan penyatuan SIM dan kartu MyNumber siang ini, Menteri Hachiro Okonogi (kiri) Menteri Keamanan Nasional, Menteri Dijital (kebijakan informasi teknologi) Takuya Hirai, dan menteri reformasi administrasi Jepang Taro Kono (kanan). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mengenai digitalisasi SIM, yang akan bersatu dengan kartu MyNumber milik pemerintah Jepang juga akan dilakukan paling cepat tahun 2026.

Hal ini sesuai keinginan PM Yoshihide Suga agar meringkaskan berbagai kartu menjadi satu multi fungsi.

"Daftarkan informasi SIM di chip IC MyNumber sehingga nantinya bisa bersatu.
Mengubah alamat juga satu atap dan langsung. Prosedur pembaruan bisa dilakukan bahkan di luar daerah, nantinya paling cepat tahun 2026," ungkap menteri keamanan nasional Hachiro Okonogi setelah rapat dengan Menteri Dijital (kebijakan informasi teknologi) Takuya Hirai, dan menteri reformasi administrasi Jepang Taro Kono siang ini (16/10/2020).

Pekerjaan merumuskan jadwal pada akhir tahun dan menyatukan sistem untuk mengelola informasi lisensi yang berbeda untuk setiap prefektur pada tahun 2025.

Untuk mengintegrasikan SIM dan kartu MyNumber perlu dikembangkan sistem untuk mengelola data.

"Saat ini, polisi sedang membuat sistem untuk informasi SIM bagi setiap prefektur, tetapi pertama-tama, kami berencana untuk menyatukan sistem ini secara nasional, dan transisi dijadwalkan selesai pada tahun 2025."

Baca juga: Jepang Akan Buat MOU Pertahanan di Masa Depan Terkait Peralatan Militer

Setelah itu, diharapkan SIM dan kartu nomor saya bisa terintegrasi setelah 2026, enam tahun kemudian.

Di sisi lain, undang-undang yang berlaku saat ini tidak mewajibkan kepemilikan kartu My Number, sehingga dianggap terus mengeluarkan SIM bagi mereka yang tidak memiliki kartu My Number yang akan dipromosikan lebih luas lagi.

Kartu My Number adalah kartu dengan chip IC yang berisi nama, tanggal lahir, 12 digit My Number yang diberikan kepada semua warga negara, dan foto wajah, dan mulai beroperasi pada tahun 2016.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved