Didukung Infrastruktur Memadai, Yogyakarta Juga Jadi Pilihan untuk Penyelenggaraan MICE

Selain sejumlah hotel dengan fasilitas convention memadai, Yogyakarta juga memiliki Jogja Expo Center (JEC) untuk penyelenggaraan MICE berskala besar.

TRIBUNNEWS
Suasana kontes modifikasi truk di Jogja Truck Festival 2018 di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (8/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiholan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM - Kota Yogyakarta kini juga menjadi kota ideal untuk menggelar event meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE) selain beberapa kota lainnya yang lebih dulu memiliki fasiliitas ini seperti Jakarta dan Surabaya serta Medan.

Selain sejumlah hotel dengan fasilitas convention memadai, Yogyakarta juga memiliki Jogja Expo Center (JEC) untuk penyelenggaraan MICE berskala cukup besar.

JEC yang memiliki nama resmi Grha Pradipta merupakan venue yang mampu menjadi tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan MICE di Kota Yogyakarta.

Sebagai kawasan terpadu, JEC dibangun oleh Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memfasilitasi kegiatan MICE dalam satu atap.

Booth Royal Enfield di ajang pesta motor kustom terbesar se-Asia Tenggara 'Kustomfest 2018' di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Sabtu-Minggu (6-7/10/2018).
Booth Royal Enfield di ajang pesta motor kustom terbesar se-Asia Tenggara 'Kustomfest 2018' di Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta, Sabtu-Minggu (6-7/10/2018). (IST)

Gedung JEC telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung kegiatan MICE termasuk kemudahan pelaksanaan kegiatannya di bawah satu atap.

"Dengan itu akan memudahkan penyelenggara mengkoordinasikan berbagai vendor atau penyedia jasa lainnya seperti hotel, convention center, restoran dan cafe, travel agent, perusahaan transportasi, penyedia peralatan audio visual, percetakan dan retail," kata Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, & Pameran (MICE) Kemenparekraf, Iyung Masruroh dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Industri MICE Tetap Seksi di Masa Transisi Normal Baru

JEC menempati lahan seluas 5,4 hektar di mana juga terdapat pusat perbelanjaan, restoran dan gudang.

Bahkan, Pemda DIY kini tengah mengupayakan pengembangan kawasan Jogja Expo Center (JEC) menjadi pusat ekonomi baru di wilayah Jogja bagian timur.

Baca juga: SDM Unggul Sebagai Pilar Bisnis, MICE, dan Pariwisata Indonesia yang Berkualitas

Di lahan seluas sekitar 14 hektare tersebut akan dibangun rumah sakit, kampus internasional hingga mall dengan investasi mencapai hingga Rp1,2 triliun.

"Sebagai salah satu venue MICE, Jogja Expo Center memiliki balai dengan kapasitas venue di atas 1.000 peserta konvensi," kata dia.

Bima Hall di lantai satu memiliki 3 hall berkapasitas 2.300 – 9.700 orang, 100-325 booth (3x3), serta selasar dalam berkapasitas hingga 640 orang.

Arjuna Hall yang terhubung ke lobby memiliki 1 hall berkapasitas 1.000 orang dengan 3 ruang meeting berkapasitas 200-400 orang.

Ada juga Yudhistira Hall dengan 1 hall berkapasitas hingga 800 orang dan memilki 6 ruang meeting berkapasitas 100-500 orang.

Gedung JEC juga mampu menyelenggarakan pameran alat berat karena lantainya dapat membawa beban sampai 10 ton per m2.

Area pamerannya berukuran 144 meter x 60 meter dan memiliki langit atap ruangan setinggi 8.8 meter. JEC juga menyediakan area parkir yang luas dan bahkan landasan helikopter (helipad).

Kompleks JEC sendiri hanya 15 menit berkendara dari bandara dan mudah dijangkau dari setiap sudut Yogyakarta.

Assesibilitas juga memudahkan karena berada sekitar ringroad selatan kota.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved