Breaking News:

Dongkrak Potensi Ekonomi Lewat Iptek, Pemprov Jabar Kembangkan Ekosistem Digital

untuk inovasi digital, kata dia, Pemprov Jabar berencana membangun ekosistem pembangunan berbasis digital.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Inovasi Teknologi saat ini semakin dibutuhkan seluruh sektor untuk mendorong peningkatan perekonomian nasional maupun daerah.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) pun kini fokus mengembangkan otomatisasi industri dan inovasi digital sebagai potensi yang bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak ekonomi provinsi itu.

Baca juga: Pemprov Jabar Maksimalkan Karawang Jadi Lokasi Relokasi Pabrik China

Terkait otomatisasi industri, Kepala Biro Perdagangan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar mengatakan banyaknya perguruan tinggi dan semakin berkembangnya riset dan teknologi tentunya memberikan dampak positif.

"Otomatisasi industri, pengembangan riset dan teknologi, dengan perguruan tinggi menjadi modal terwujudnya kolaborasi antara akademisi dengan dunia usaha," ujar Benny, dalam agenda virtual 'Market Outlook 2021: Economic Trends During Pandemic', Kamis (17/12/2020).

Sementara untuk inovasi digital, kata dia, Pemprov Jabar berencana membangun ekosistem pembangunan berbasis digital.

Satu diantaranya yang akan diwujudkan adalah program Desa Digital.

"Inovasi digital, kita akan membangun ekosistem pembangunan yang kompetitif yang berbasis digital, salah satunya adalah program Desa Digital," jelas Benny.

Ia berharap melalui program ini, masyarakat Jawa Barat yang bermukim di kawasan pedesaan tetap bisa meningkatkan perekonomian mereka dengan kemudahan dalam mengakses pasar secara luas.

"Diharapkan dengan program Desa Digital ini, masyarakat di pedesaan mampu mengakses pasar, baik nasional maupun internasional," kata Benny.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved