Breaking News:

Kemlu Bidik Pasar Kopi Amerika Utara dan Jerman 

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI membidik pasar kopi Amerika Utara dan Jerman dengan menggandeng sejumlah pelaku industri

Shutterstock
Ilustrasi kopi. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI membidik pasar kopi Amerika Utara dan Jerman dengan menggandeng sejumlah pelaku industri kopi nasional.

Pada Selasa (22/12/2020), Kemlu menyelenggarakan kegiatan Temu Bisnis Virtual: Mengenal Selera Konsumen dan Potensi Pasar Kopi Specialti d​i Amerika Utara dan Jerman.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Mahendra Siregar mengatakan kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk industri kopi nasional yang lebih kuat di masa pasca pandemi. 

Inisiatif untuk berkolaborasi dengan Kementerian/Lembaga dan Perwakilan RI di Luar Negeri serta pelaku industri kopi ini bertujuan untuk mempromosikan kopi spesialti Indonesia di niche market.

Baca juga: Manfaatkan Kopi untuk Cek Indera Penciuman, Masih Kuat atau Melemah karena Terinfeksi Corona?

“Kami mengajak seluruh pelaku industri kopi nusantara untuk bersinergi dan bekerja sama mempersiapkan industri kopi nasional menjadi lebih kuat dan berkelanjutan di masa pasca pandemi," ujar Wamenlu dalam keterangannya.

Mahendra Siregar mendorong para pelaku industri kopi nasional untuk memanfaatkan masa pandemi dengan berinovasi dan menciptakan nilai tambah melalui penguatan penerapan technology, sustainability dan traceability. 

Selain itu, para pelaku industri kopi nasional juga diharapkan dapat memperluas pasar, khususnya untuk produk specialty coffee.

Baca juga: Kopi Luwak dan 4 Kopi Termahal di Dunia, Harganya Jutaan Rupiah

Sebagai negara produsen kopi terbesar ke-4 di dunia, produk specialty coffee Indonesia dikenal di mancanegara sebagai salah satu yang terbaik di dunia. 

"Di tahun 2021, peluang ekspor kopi Indonesia, khususnya specialty coffee, terbuka lebar," ujarnya. 

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved