Breaking News:

Menperin Ungkap Vaksinasi Jadi Kunci Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen pada 2021

Selain vaksinasi, kunci pendorong pertumbuhan ekonomi nasional di 2021 juga meliputi implementasi Undang-Undang Cipta Kerja

HANDOUT
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2021 akan mencapai 5,5 persen.

Untuk menyentuh angka tersebut, menurut Agus pemerintah menyiapkan beberapa langkah strategi untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, antara lain melakukan pengadaan dan pemberiaan vaksin kepada masyarakat.

"Game changer pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi adalah pelaksanaan vaksinasi itu sendiri," tutur Agus melalui keterangan resmi, Minggu (3/1/2021).

Selain vaksinasi, kunci pendorong pertumbuhan ekonomi nasional di 2021 juga meliputi implementasi Undang-Undang Cipta Kerja.

Baca juga: Bangun Industri Baterai Listrik, Erick Thohir Jajaki Kerja Sama dengan Tesla

Kemudian, penerapan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang sudah digencarkan pada 2020.

Sebagai langkah mempercepat pemulihan ekonomi, pemerintah juga akan melanjutkan dukungan kebijakan untuk pemberdayaan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dengan berbagai kombinasi kebijakan dan peluang yang kita manfaatkan secara optimal, maka diharapkan ekonomi Indonesia dapat tumbuh di sekitaran atau kisaran 4,5 hingga 5,5 persen di tahun 2021," jelasnya.

Target pertumbuhan ekonomi yang disebut pemerintah ini sejalan dengan proyeksi OECD, yang memperkirakan ekonomi global pada 2021 tumbuh sebesar 4,0 persen.

Baca juga: Antara Perekonomian Jepang yang Meningkat dan Antisipasi Covid-19

Sedangkan, ADB memperkirakan di angka 5,3 persen dan IMF membidik 5,2 persen.

Selain itu, World Bank memprediksi ekonomi global pada tahun depan bakal berada di kisaran 4,4 persen, serta Bloomberg Median memasang target sekitar 5,6 persen.

"Sementara untuk outlook APBN, yang sudah ditetapkan pertumbuhannya sebesar 5,0 persen," terang Agus.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved