Breaking News:

Platform Digital Ini Disiapkan untuk Bantu Pasarkan Komoditi Petani Riau

Platform PetaniRiau.id diharapkan dapat membantu komunitas petani membangun alur sistem distribusi produk, meningkatkan hasil produksi dan penjualan

ist
Walikota Pekanbaru Dr.Firdaus ST.,MT , Rektor Universitas Riau Prof.Dr. Aras Mulyadi DEA, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau Syahfalefi, dan GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin saat memanen cabe di Kecamatan Rumbai Barat pada 20 Februari 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program Chevron untuk Riau Sehat dan Sejahtera (Cherish) yang digagas oleh PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) di bidang ketahanan pangan menghadirkan website PetaniRiau.ID yang akan menjadi platform digital untuk pemasaran produk-produk petani Riau.

Platform ini diharapkan dapat membantu komunitas petani dalam membangun alur sistem distribusi produk, meningkatkan hasil produksi dan penjualan.

Seluruh kelompok tani di bawah Program Cherish telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan pemasaran secara digital. 

Dalam program ini, PT CPI bekerja sama dengan dua mitra pelaksana, yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM Unri) dan Center for Entrepreneurship and Third Sector Universitas Trisakti (CECT Trisakti).

Baca juga: Jamkrindo Bantu Pemberdayaan Ekonomi Petani Kopi Garut

“Kita harus cerdas melihat potensi yang ada di sekitar kita, khususnya dalam ketahanan pangan. Yang dilakukan PT CPI merupakan sebuah langkah yang bagus dan sangat membantu pemerintah dalam mengatasi masalah pangan di tengah pandemi,” kata Walikota Pekanbaru Dr. Firdaus, ST., MT ketika memberikan sambutannya.

Baca juga: Lahan Kekeringan, Petani Padang Diminta Asuransikan Lahan

Acara ini juga dihadiri Rektor Universitas Riau (Unri) Prof. Dr. Ir Aras Mulyadi, DEA dan Pjs. Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Haryanto Syafri.

Acara juga diisi dengan kegiatan panen cabe dan jagung salah satu kelompok tani penerima bantuan, yakni Kelompok Tani Palas Mandiri, Rumbai Barat, Pekanbaru.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau Syahfalefi dan Walikota Pekanbaru Dr. Firdaus, ST., MT. berkesempatan hadir langsung dalam kegiatan panen bersama pada Sabtu (20/2/2021).

Baca juga: Lahan Ujicoba Pertanian Presisi di Cisaat Panen Perdana

GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin mengatakan, dampak pandemi COVID-19 terhadap perekonomian masyarakat cukup besar.

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved