Breaking News:

Penanganan Covid

Hadapi Libur Panjang, KAI Tambah Layanan Tes GeNose di Stasiun Jember dan Ketapang

Pemeriksaan GeNose C19 di stasiun merupakan hasil kerja sama KAI dengan Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Warta Kota/Irwan Rismawan
Calon penumpang melakukan pembatalan perjalanan kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021).Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Libur Isra Miraj dan Nyepi yang jatuh pada tanggal 11 dan 14 Maret 2021 diprediksi akan dipadati masyarakat yang kembali ke kampung halaman.

Sebagai antisipasi lonjakan penumpang di masa pandemi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah 2 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 yaitu Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur mulai Rabu, 10 Maret 2021.

Menurut VP Public Relations KAI Joni Martinus, total stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 menjadi 14 stasiun. Sebelumnya, hanya ada 12 stasiun yang melayani pemeriksaan awal Covid-19 dengan GeNose yakni Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, dan Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, dan Malang.

Baca juga: Perusahaan Kereta Api Jepang JR Tokai Diperkirakan Merugi 234 Miliar Yen

Maksud penambahan layanan GeNose untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggan di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan, PT KAI Menyiapkan 460 KA Jarak Jauh pada Periode Libur Panjang 11-14 Maret 2021

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi pelanggan di masa pandemi Covid-19,” ujarnya melalui siaran pers, Kamis (11/3/2021).

KAI menjelaskan bahwa stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 akan terus bertambah secara bertahap. Hal ini diupayakan untuk mendukung kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021.

Pemeriksaan GeNose C19 di stasiun merupakan hasil kerja sama KAI dengan Rajawali Nusindo dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Bagi calon penumpang yang hendak  melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas.

Sebelum diperiksa, calon penumpang dilarang merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Tarif untuk melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun saat ini adalah Rp 20.000.

Pemeriksaan atau skrining awal penumpang kereta api untuk KA Jarak khusus dengan keberangkatan pada hari libur keagamaan Isra Miraj tanggal 11 Maret 2021 dan Hari Raya Nyepi 14 Maret 2021 diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19.

Surat keterangan itu bisa memakai hasol tes GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan.

Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved