Breaking News:

Facebook Rilis Instagram Lite untuk Pengguna Android yang Miliki Koneksi Internet Terbatas

Facebook meluncurkan aplikasi Instagram Lite dengan versi lebih ringan, untuk mengakomodir pengguna Android yang memiliki koneksi internet terbatas.

Aplikasi instagram dalam ponsel 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Facebook meluncurkan aplikasi Instagram Lite dengan versi lebih ringan, untuk mengakomodir pengguna Android yang memiliki koneksi internet terbatas.

Menurut laporan GSM Arena yang dikutip pada Minggu (14/3/2021), tujuan Facebook meluncurkan Instagram Lite ini agar pengguna android di negara atau lokasi yang memiliki koneksi internet terbatas dapat tetap menikmati layanan Instagram.

Instagram Lite sendiri hanya memiliki penyimpanan data di memori sebesar 2 MB, normalmnya Instagram membutuhkan kapasitas 32 MB di smartphone.

Baca juga: Kabar Terbaru Guru Dimarahi Aparat Desa Gegara Video Jalan Rusak, Trauma dan Takut Main Facebook

Layanan Instagram Lite ini tidak seperti Instagram pada umumnya, karena untuk menekan kebutuhan data Facebook menghilangkan ornamen animasi serta fitur yang membutuhkan konsumsi data yang besar.

Pada Instagram Lite ini, tidak akan ditemukan transisi kubik dan filter Augmented Reality (AR). Tetapi pengguna Instagram Lite masih dapat menggunakan stiker dan juga GIF untuk membuat Instastory.

Instagram Lite dirilis dengan semua fitur lainnya yang versi dasar yang mencakup seputar pengeditan, berbagi, serta melihat foto dan video.

Aplikasi ini juga masih dapat menambahkan stiker, membuat dan melihat Instastory, IGTV, serta algoritma penemuan dan rekomendasi Jelajahi.

Saat ini, Instagram Lite telah tersedia untuk diunduh di 170 negara, dengan fokus pada pasar negara berkembang. Aplikasi ini juga hadir dengan dukungan bahasa khusus untuk mendukung penggunaan di masing-masing negara.

Tak ketinggalan, opsi Mode Gelap yang mengubah latar belakang putih dengan teks gelap menjadi latar belakang hitam dengan huruf abu-abu masih bisa dinikmati pada Instagram Lite.

Alasannya hadirnya layanan ini, Facebook menyebutkan, agar orang-orang yang tinggal di area komunal dapat menjelajah secara lebih pribadi dan tidak mengganggu orang-orang di sekitar mereka.

Tentunya seperti aplikasi versi lite lainnya, Instagram Lite ditujukan untuk konsumen di mana ponsel cerdas kemungkinan besar berbasis Android dan berspesifikasi low end.

Aplikasi ini juga khusus untuk konsumen yang cenderung lebih sensitif terhadap harga dan bandwidth saat menggunakan data seluler. Serta sebagian besar masih baru sekarang memahami keberadaan online.   

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved