Breaking News:

Pembatasan 13 Produk Cross Border di Shopee Bertujuan Membantu Pemulihan Ekonomi

Platform Marketplace Shopee memberikan wujud nyata untuk memberi dukungan terhadap UMKM lokal.

IST
ShopeePay Hadirkan Cashback Hingga 90% di Google Play Store dan Codashop. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Platform Marketplace Shopee memberikan wujud nyata untuk memberi dukungan terhadap UMKM lokal.

Shopee mengambil kebijakan membatasi akses 13 produk dari penjual cross border atau lintas negara ke pasar Indonesia melalui platformnya. Berlakunya kebijakan ini, diharapkan bakal mendongkrak penjualan produk UMKM yang saat ini masih lesu lantaran dihantam dampak pandemi Covid-19.

Adapun ketiga belas kategori produk yang dibatasi aksesnya masuk kevShopee adalah hijab, atasan muslim wanita, bawahan muslim wanita, dress muslim, atasan muslim pria, dan bawahan muslim pria, outerwear muslim, mukena, pakaian muslim anak, aksesoris muslim, peralatan salat, batik, dan kebaya yang berasal dari negara lain.

Baca juga: Mengintip Kisah Kojuhijab, UMKM Lokal yang Sukses Berbisnis Fashion Muslim di Shopee

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, Shopee sangat mendukung pertumbuhan serta keberlangsungan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia. Untuk itu, Shopee memberikan perhatian khusus melalui inisiatif dan inovasi yang dihadirkan sejak marketplace itu hadir di Indonesia.

"Kami memprioritaskan penjual lokal dengan membatasi beberapa kategori yaitu 13 kategori untuk penjual-penjual dari luar. Kebijakan ini akan terus memberikan kesempatan yang lebih kepada para pelaku usaha lokal kepada produk lokal supaya bisa bersaing lagi," jelas Handhika saat Konferensi Pers bersama Kementerian Koperasi dan UKM, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Ingin Dongkrak Penjualan di Shopee? Tingkatkan Interaksi dengan Followers Lewat Fitur Live

Kebijakan membatasi akses 13 produk penjual lintas negara melalui platform Shopee tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan antara Kementerian Koperasi dan UKM dan Shopee sebelumnya.

Meski ada pembatasan produk untuk masuk ke Shopee, Handika yakin kebijakan ini tidak akan membuat bisnis Shopee menurun. Ia meyakini selama ini porsi produk penjual lintas negara hanya menyumbang 3 persen dari keseluruhan penjualan di Shopee.

Tak hanya membatasi 13 produk cross border, Shopee berjanji akan mengidentifikasi dan mengkurasi produk luar negeri yang masuk ke pasar Indonesia agar tidak membunuh produk lokal.

"Selama ini produk luar hanya memberi kontribusi 3 persen. Jadi bisa dibilang angka yang kecil dan dengan kebijakan ini kita bisa lebih kecil lagi. Tentunya semua ini adalah hasil kolaborasi kerjasama bimbingan dari pemerintah dan kita sangat apresiasi dan terima kasih atas bimbingannya," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved