Breaking News:

Begini Cara Hasilkan Beton yang Kuat dan Tidak Keropos untuk Konstruksi Bangunan

Masih banyak jenis beton lainnya yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi sehingga beton dapat berfungsi maksimal.

IST
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Beton merupakan bagian penting dalam konstruksi bangunan yang dibuat dari campuran semen, air, pasir (agregat halus) dan kerikil (agregat kasar) dengan komposisi tertentu.

Beton juga ada yang diperkuat dengan besi dan baja, beton jenis ini dikenal dengan beton bertulang. Ada juga beton yang dicetak dengan ukuran dan bentuk tertentu yang kemudian dibawa ke lokasi konstruksi, beton ini dikenal dengan beton pracetak / precast.

Masih banyak jenis beton lainnya yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi sehingga beton dapat berfungsi maksimal.

Dalam pembangunan rumah, beton digunakan pada bagian seperti pondasi, atap dak beton, tiang, dan pembatas antar lantai.

Beton memiliki kelebihan tahan terhadap beban berat, tahan terhadap suhu tinggi maupun korosi namun beton juga dapat retak dan apabila sudah mengeras tidak dapat dibentuk kembali dengan hasil akhir beton yang kokoh, tahan lama, dan tidak mudah roboh.

Baca juga: Desain Biofilik Jadi Tren Baru Pengembang Apartemen untuk Maksimalkan Aliran Udara

Sebelum memulai konstruksi baru bangunan atau ingin menyambung beton, sebaiknya dipilih atau dipahami bahan-bahan pembentuk beton.

Antony Kostka, General Manager Commerce PT Adhi Cakra Utama Mulia selaku produsen Aquaproof mengatakan, selain semen, air, pasir, kerikil,  adukan beton juga dapat ditambahkan Betonmix atau umumnya lebih dikenal dengan sebutan obat beton.

Baca juga: Adhi Commuter-PD Sarana Jaya Kerjasama Utilisasi Lahan untuk Proyek Hunian Tapak dan High Rise

"Betonmix merupakan salah satu produk dari Aquaproof yang tersedia dalam ukuran kemasan 1 kg, 5 kg dan 30 kg.

Penggunaan 1% betonmix dari berat semen yang  membuat beton 100 persen tidak keropos," kata Antony dalam keterangannya, Sabtu (26/6/2021).

Baca juga: Juli Ini, Pengembang Risland Selesaikan Pembangunan 2 Tower Apartemen Sky House BSD+

Halaman
12
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved