Breaking News:

Logistik Murah Diperlukan UKM untuk Kembangkan Pasar

Biaya logistik yang tinggi selama ini menjadi salah satu komponen yang membuat usaha kecil menengah (UKM) sulit berkembang

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
ist
Presdir JNE M Feriadi Soeprapto (tengah) dan Menkop dan UKM Teten Masduki saat meninjau fasilitas logistik murah Smesco Fulfillment Center di Lt. 11 Gedung Smesco, Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Biaya logistik yang tinggi selama ini menjadi salah satu komponen yang membuat usaha kecil menengah (UKM) sulit berkembang, karena membebani cost yang kemudian harus ditanggung pembeli.

Biaya logistik yang tinggi juga membuat harga jual menjadi kurang kompetitif. Untuk menekan biaya logistik, Smesco bekerja sama dengan JNE dan YukBisnis menyiapkan Smesco Fulfillment Center (Logistik UKM).

Baca juga: Pimpinan DPR Jelaskan Tujuan Rencana Kunker Baleg ke Brasil dan Ekuador

Ini merupakan layanan logistik Smesco untuk para pelaku UKM dengan tarif terjangkau. Dalam kerjasama ini JNE bertindak sebagai perusahaan logistik yang menangani pengirman barang UKM.

Sementara, YukBisnis bertindak sebagai operator Smesco Fullflllment Center.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Smesco, Leonard Theosabrata mengatakan, Smesco Fullfilment Center, layanan logistik bagi UKM ini menawarkan tarif terjangkau dengan layanan pengiriman yang menjangkau seluruh wilayah Jawa.

Layanan ini akan beroperasi penuh pada awal 2022. Smesco Fulfillment Center berlokasi di Gedung SME Tower, Smesco Indonesia, Jl. Gatot Subroto No.Kav. 94, Pancoran, Jakarta Selatan.

Baca juga: Kemenhub Tawarkan Proyek Infrastruktur Perhubungan Melalui KPBU

Fasilitas Smesco Fulfillment Center menempati lantai 11 Gedung Smesco Indonesia seluas 1250m² dan dilengkapi dengan 400 unit lemari dan 2000 level rak yang bisa mengakomodir 136.800 item barang UKM.

Pusat Logistik UKM ini juga dilengkapi dengan sistem manajemen pergudangan, ruangan berpendingin, operator bersertifikasi, dan call centre yang terintegrasi.

Fasilitas ini diharapkan mampu menciptakan peluang dan memberikan kemudahan kepada para UKM dalam melakukan proses jual–beli online via, sehingga para pelaku usaha dapat fokus kepada proses produksi dan pengembangan atau inovasi produk, serta penjualannya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved