Breaking News:

Menteri ESDM Apresiasi Industri Tambang yang Terapkan Good Mining Practices

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan apresiasi kepada badan usaha pertambangan dan jasa pertambangan yang telah mematuhi kaidah teknis pertambangan

Reynas Abdila
Menteri ESDM Arifin Tasrif usai menyaksikan penandatanganan Head of Agreement (HoA) antara PLN dan Pertamina di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (27/2/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penerapan kaidah Good Mining Practice menjadi hal sangat penting diterapkan di industri pertambangan Tanah Air. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan perhatian khusus terhadap hal ini. 

Mengutip dari Agincourtresources.com, Good Mining Practice merupakan dasar pelaksanaan penambangan emas di Indonesia.

Kaidah ini berisikan tentang aturan yang harus dilaksanakan oleh perusahaan tambang sejak tahap eksplorasi hingga penyelesaian proses reklamasi lahan.

Guna mendorong agar Badan Usaha Pertambangan dan Badan Usaha Jasa Pertambangan konsisten menjalankanGood Mining Practices, Kementerian ESDM baru-baru ini memberikan Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2021.

Penghargaan tersebut diberikan kepada badan usaha pertambangan yang telah menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik dan sebagai pendorong serta pemberi motivasi untuk dapat mencapai prestasi setinggi-tingginya dalam pengelolaan Teknis Pertambangan, Pengelolaan Keselamatan Pertambangan, Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara, serta Pengelolaan Standardisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca juga: Kementerian ESDM: 3 Anak Usaha ABM Group Terapkan Kaidah Baik di Pertambangan Mineral dan Batubara

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan apresiasinya kepada badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah mematuhi kaidah teknis pertambangan.

Yakni, melakukan konservasi sumber daya dan cadangan, menciptakan kondisi kerja yang aman, dan perlindungan terhadap lingkungan hidup dengan menerapkan praktek pertambangan yang baik dan benar, atau disebut good mining practices.

Baca juga: Petrosea Kantongi Kontrak Jasa Pertambangan Senilai 265 Juta Dolar AS

"Terima kasih atas terselenggaranya acara ini sebagai ajang pemberian prestasi, apresiasi kepada badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah melakukan upaya untuk mematuhi kaidah teknis," ujar Arifin Tasrif dalam sambutannya pada penyerahan penghargaan tersebut, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi: Di Sektor Tambang Kita Jangan Jadi Tukang Gali Saja

Sejumlah perusahaan penerima penghargaan terbaik dalam penerapan kaidah teknik pertambangan adalah:

1. PT Cipta Kridatama (CK) on site Mifa Bersaudara, Piagam Pratama kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Bidang Penambangan Sub Bidang Pemindahan Tanah/Batuan Penutup

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved