Breaking News:

Kemenperin Berhasil Jaring 20 IKM Pangan Unggulan Lewat Indonesia Food Innovation

Kemenperin berhasil menjaring 20 IKM Pangan unggulan yang telah disaring dan dilatih melalui program Indonesia Food Innovation 2021

Penulis: Lita febriani
Editor: Sanusi
Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian berhasil menjaring 20 IKM Pangan unggulan yang telah disaring dan dilatih melalui program Indonesia Food Innovation (IFI) 2021.

Sebelumnya, peserta IFI 2021 yang mendaftar melalui website ifi.kemenperin.go.id mencapai 1.638 IKM.

Pendaftar dikurasi untuk menentukan 40 IKM terpilih yang terdiri dari 9 IKM kategori intermediate product dan 31 IKM kategori end product.

Baca juga: Di Expo 2020 Dubai, Kemenperin Dorong Sektor Manufaktur Terapkan Industri 4.0

40 IKM terpilih tersebut mengikuti rangkaian kegiatan Food Camp yang dilaksanakan mulai 14 April – 25 Mei 2021.

Food Camp yang digelar berisikan coaching dan mentoring oleh pakar profesional yang melibatkan akademisi, praktisi dan industri pangan untuk meningkatkan kapabilitas dari segi aspek teknis maupun bisnis menuju IKM pangan modern.

IFI merupakan kompetisi di sektor industri pangan untuk menumbuhkan dan mengembangkan wirausaha pangan pemula yang berpotensi berkembang menjadi industri kecil dan menengah yang inovatif, kreatif, produktif, sehingga dapat bersaing di pasar global.

Baca juga: Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik, Kemenperin Terapkan Peta Jalan Pengembangan KBLBB

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan setelah penyelenggaraannya tahun lalu, Kemenperin percaya melalui program pembinaan dan pendampingan yang diselenggarakan IFI 2020, IKM pangan siap untuk meningkatkan skala bisnisnya menuju IKM modern yang marketable, profitable dan sustainable.

"Rumah Mocaf mengembangkan usahanya melalui fasilitasi dari Ditjen IKMA Kemenperin dalam bentuk pendampingan dan sertifikasi HACCP tahun 2020, serta program perluasan pasar melalui marketplace global Alibaba.com," tutur Agus pada Ajang Penghargaan IFI 2021, Kamis (28/10/2021).

Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin Reni Yanita, menyebut IKM makanan dan minuman berperan penting dalam menopang pemberdayaan masyarakat di Indonesia.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved