Breaking News:

Dua Anak Usaha Lippo Group Konsisten Jalankan Prinsip ESG, Raih Kinerja Positif

Siloam Internasional Hospitals Tbk (SILO) dan PT Link Net Tbk (LINK) dinilai konsisten menerapkan prinsip ekonomi berkelanjutan

Editor: Sanusi
ist
Sebagai generasi ketiga Lippo, John Riady semakin fokus pada pengembangan bisnis kesehatan dan properti melalui induk PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Siloam Internasional Hospitals Tbk (SILO) dan PT Link Net Tbk (LINK) dinilai konsisten menerapkan prinsip ekonomi berkelanjutan yang meliputi aspek Enviromental, Social, Governance atau ESG.

Sejalan dengan itu, kinerja dua anak usaha Lippo Group itupun memetik pertumbuhan positif.

Penerapan ESG inipun menjadi perhatian utama Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady.

Menurutnya, orientasi masa depan konglomerasi tersebut tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkomitmen menghadirkan konsep pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Baca juga: CEO Lippo Karawaci John Riady: Pasar Properti Indonesia Sedang Rebound

“Kami berkomitmen menerapkan ESG, karena konsep ini jauh lebih luas dan sangat berkaitan imbasnya dibandingkan konsep yang selama ini dikenal sebagai CSR,” kata John.

Sebagaimana dicatat riset Ciptadana Sekuritas Asia, SILO telah menjalankan prinsip ESG. Pada aspek lingkungan, SILO telah menginvestasikan dana untuk pengelolaan isu lingkungan mulai dari konstruksi fasilitas kesehatan hingga penanganan limbah medis.

Dari aspek sosial, SILO membangun hubungan dengan berbagai komunitas lokal untuk meningkatkan kepedulian dan pengetahuan tentang kesehatan. Pada 2019, SILO telah menyelenggarakan 800 kegiatan terkait melalui seluruh jaringan rumah sakit. Dalam penangan Covid-19, 4 rumah sakit jaringan ikut membantu penanganan pasien, serta telah mendonasikan sekitar Rp30 miliar bantuan penanganan Covid-19 pada 2021.

Baca juga: Lahan yang Disita Pemerintah di Karawaci Bukan Milik Lippo dan Tidak Terkait BLBI

Terkait aspek tata kelola, SILO kini melibatkan peran wanita dalam jajaran direksi dan komisaris. Hal ini terkait isu kesadaran gender.

Siloam Hospitals (SILO) menunjukkan kinerja yang sangat positif sepanjang tiga kuartal pada tahun ini. Hal itu terbukti dari kinerja perusahaan yang mengemas laba bersih sebesar Rp 532 miliar pada periode Januari-September tahun ini, dibandingkan rugi bersih Rp 49 miliar pada periode sama tahun lalu.

“Bahkan, kinerja itu di atas perkiraan kami,” ujar Analis Ciptadana Sekuritas Asia Robert Siahaan.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved