Destinasi Pariwisata Berbasis Energi Ramah Lingkungan Akan Dikembangkan

Layanan Balkondes PGN Karangrejo disiapkan untuk menopang destinasi prioritas Kawasan Borobudur

Balkondes Borobudur
Balkondes Karangrejo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus menggencarkan pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, salah satunya di Kawasan Borobudur, Jawa Tengah. 

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin menyampaikan hal tersebut saat mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) PGN Karangrejo, Magelang Jawa Tengah. 

Ma’ruf meninjau bagaimana sinergi antara badan usaha dalam hal ini PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina dengan masyarakat sekitar untuk mengembangkan destinasi wisata berbasis energi ramah lingkungan.

“Sesuai arahan Presiden, pemerintah terus berupaya mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas, salah satunya di Kawasan Borobudur. Dengan layanan kelas internasional dan menggunakan energi gas bumi yang ramah lingkungan, Gasblock di Balkondes PGN Karangrejo diharap mampu mendukung program tersebut. Apalagi Balkondes Karangrejo melibatkan masyarakat sekitar, sehingga juga bisa mendongkrak perekonomian desa,” ujar Maruf dalam keterangannya, Sabtu (23/4/2022).

Baca juga: 6 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Road Trip Bareng Keluarga, Mudik Makin Asyik!

Balkondes PGN Karangrejo telah memperkenalkan Gasblock sebagai ikon terbaru dari Balkondes Karangrejo untuk mewujudkan interaksi dan kolaborasi energi baik gas bumi yang ramah lingkungan, serta Desa Energi PGN yang unik, asri, serta kaya akan budaya Indonesia. 

Baca juga: Gajah Mada Plaza Direnovasi Total, Disulap Jadi Destinasi Belanja, Hobi dan Gaya Hidup

Tampilannya dipoles dengan new icon instagramable dalam bentuk monumen Meter Regulating System (MRS) ukuran G.1600. 

Gasblock juga menghadirkan Restoran Truntum dengan layanan berkelas yang dihiasi pemandangan perbukitan menoreh dan sawah warga.

Baca juga: Karafuru Carnival, Destinasi Unik bagi Komunitas NFT di Tepi Laut Jakarta

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto menyatakan, pihaknya mendukung penuh program pemerintah mengembangkan ekonomi komunal di daerah wisata sesuai komitmen ESG Pertamina. 

PGN berkomitmen mengembangkan desa energi Karangrejo yang bisa menjadi brenchmark desa sekitarnya sebagai desa yang berdaya, mandiri, sustainable dan ramah lingkungan.

“Nuansa alam dan kearifan lokal masyarakat sekitar sangat membantu dalam keberhasilan Balkondes PGN Karangrejo. Alhamdulillah, tahun 2021 Balkondes PGN Karangrejo mampu survive di masa pandemi Covid-19,” ujar Haryo.

Layanan Balkondes PGN Karangrejo disiapkan untuk menopang destinasi prioritas Kawasan Borobudur dengan melibatkan warga sekitar melibatkan 20 orang warga asli Karangrejo dengan layanan homestay yang terdiri atas empat homestay family, dua homestay couple, dan empat room single.

Ada juga fasilitas pertemuan, serta rumah makan. Selain itu, Truntum Gasblock juga menyediakan menu Indonesia dan western.

“Balkondes PGN Karangrejo bisa menjadi wadah perusahaan dan masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar, serta memperkenalkan Desa Karangrejo sebagai desa energi,” papar Haryo.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved