Platform Finansial Ini Ajak UMKM Maksimalkan Bisnis di Platform Digital

Pemerintah Indonesia menargetkan sebanyak 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital di tahun 2024 untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

ist
Diskusi Semakin Mudah Belajar Skill Bisnis di acara peluncuran program KoinLearn yang diselenggarakan KoinWorks, Selasa, 27 September 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia menargetkan sebanyak 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital di tahun 2024 untuk memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Untuk mendukung ambisi tersebut, dibutuhkan edukasi dan literasi keuangan serta literasi digital yang terus menerus dan memadai kepada para pelaku UMKM mengingat literasi mereka masih tergolong rendah.

Ini dibuktikan dari hasil Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) pada 2019 yang menunjukkan tingkat literasi keuangan di Indonesia baru mencapai 38 persen.

Baca juga: Menkominfo akan Buka Pertemuan DEWG G20, Indonesia Dorong Konsensus Kelola Ekosistem Digital

Untuk memperluas literasi digital dan keuangan ke pelaku UMKM Tanah Air, super financial app KoinWorks menggulirkan KoinLearn, program edukasi gratis untuk pelaku UMKM di platformnya.

Melalui KoinLearn, para wirausahawan yang sedang merintis dan mengembangkan usahanya bisa mengakses materi belajar untuk mengembangkan potensi bisnis dari tutor berpengalaman secara gratis.

Jonathan Bryan, Chief Platform Officer KoinWorks mengatakan, hadirnya KoinLearn akan menjawab kebutuhan UMKM dalam meningkatkan ilmu dan skill agar dapat memaksimalkan pengembangan bisnis mereka di era digital.

“KoinLearn dirancang sebagai platform belajar singkat dengan bite-sized video sekitar 2 sampai 4 menit yang sangat sesuai untuk pemilik bisnis di app KoinWorks," ujarnya di acara peluncuran program edukasi ini di Jakarta, Selasa, 27 September 2022.

Dia menegaskan, upaya meningkatkan keterampilan digital UMKM harus dijembatani dengan platform yang tepat. Karena para wirausahawan UMKM umumnya juga sangat sibuk dengan aktivitas usahanya, pihaknya merancang metode pembelajaran ini menjadi sefleksibel mungkin.

"Saat ini mereka belajar melalui sarana seperti YouTube, Instagram, sampai ke TikTok,” ujarnya.

Untuk menyiapkan materi literasi digital dan finansial secara gratis ini, KoinWorks berkolaborasi dengan sejumlah institusi dan menggandeng para pebisnis ahli.

Baca juga: Menteri Teten Dorong UMKM Optimalkan Ekosistem Digital, Kejar Target Pertumbuhan Delapan Kali Lipat

Total ada 70 video pembelajaran yang sudah dibuat melibatkan 16 mentor, terbagi dalam topik strategi bisnis dan manajemen keuangan.

"UMKM yang sudah tergabung dalam KoinWorks maupun pengguna baru dapat belajar dari video KoinLearn kapanpun dengan mendaftarkan diri sebagai business user di aplikasi KoinWorks," ujarnya.

Salah satu mentor program ini, Subiakto Priosoedarsono yang juga founder Bisa  Bikin Brand mengatakan, sebelum berbisnis UMKM harus disiapkan mentalnya dulu. "Hilangkan perasaan minder," ujarnya.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved