Kembangkan SDM di Maluku Utara, PT IWIP Beri Pelatihan kepada 17 Ribu Karyawan

IWIP sebagai kawasan industri nikel yang terletak di Weda, Halmahera Tengah akan, terus berkomitmen terhadap pengembangan SDM

Editor: Sanusi
HO
PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) memberikan pelatihan berbagai keahlian dan kemampuan bagi masyarakat di Maluku Utara 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) sebagai kawasan industri nikel yang terletak di Weda, Halmahera Tengah, Maluku Utara akan terus berkomitmen terhadap pengembangan sumber daya manusia (SDM).

Humas PT IWIP Bilal Sau mengatakan, komitmen itu diwujudkan melalui pelatihan berbagai keahlian dan kemampuan bagi masyarakat di Maluku Utara.

Baca juga: Kemenko Marves Dorong Olahan Nikel ke Arah Industri Berkelanjutan

"Sejak 2019 hingga 2022, total peserta yang mengikuti pelatihan ini mencapai 17.358 karyawan, dengan berbagai jenis keterampilan alat berat meliputi pelatihan excavator, wheel loader, dump Truck, dan welder. Saat ini, peserta yang sedang menjalani pelatihan berjumlah kurang lebih 800 orang," ujar dia dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

Baca juga: PT IWIP Kirim Alat PCR ke Sejumlah Rumah Sakit di Maluku Utara

Bilal menjelaskan, program pelatihan tersebut adalah upaya perusahaan dalam menyiapkan tenaga kerja yang terampil dalam industri.

Dengan ada keterampilan, harapannya angkatan kerja di Maluku Utara bisa terserap secara optimal, sehingga angka pengangguran bisa diminimalisir.

Baca juga: Cegah Penyebaran Covid-19, Karyawan di Kawasan IWIP Mulai Divaksin

“Untuk pelatihan ini, kami memprioritaskan masyarakat Maluku Utara, tapi tidak menutup kemungkinan dari luar juga bisa ikut bergabung. Selama pelatihan kami juga menyediakan akomodasi dan konsumsi untuk peserta pelatihan,” katanya.

Diketahui pada awal tahun ini, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis angka pengangguran di Halmahera Tengah yang mengalami penurunan.

Dia menambahkan, menurut data BPS, turunnya tingkat pengangguran terbuka (TPT) tidak terlepas dari kehadiran PT IWIP.

“Para peserta ini akan mengikuti pelatihan dalam rentang waktu tertentu. Di akhir nanti, peserta bakal mengikuti ujian, dan jika dinyatakan lulus, mereka langsung bisa dikontrak menjadi karyawan PT IWIP,” pungkas Bilal.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved