Jalankan Program Magang dan Pelatihan Kompetensi, TVS Raih TJSLP 2022 dari Pemkab Karawang

Ada 68 perusahaan yang telah berkontribusi di program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan 2022 di wilayah Kabupaten Karawang.

dok.
Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) 2022 oleh Pemkab Karawang. Program ini melibatkan partisipasi puluhan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Karawang. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM , KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, memberikan penghargaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) 2022 terhadap 68 perusahaan yang dinilai berkontribusi aktif dalam pembangunan di wilayah tersebut.

Satu di antara korporasi yang menerima penghargaan tersebut adalah TVS Motor Company Indonesia karena dinilai andil dalam bidang ketenagakerjaan dan infrastruktur, termasuk program pemagangan atau pelatihan berbasis kompetensi bagi siswa sekolah.

Wakil Bupati Karawang, Aep Saepulloh, mengatakan, penghargaan TJSLP merupakan apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang kepada perusahaan-perusahaan yang telah berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

TJSLP merupakan komitmen perusahaan untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi perusahaan sendiri, komunitas setempat maupun masyarakat.

"Program dan kegiatan TJSLP tidak hanya bersifat charity tapi lebih kepada program dan kegiatan yang sustainable dan menyentuh seluruh masyarakat serta mendukung Program Pembangunan Kabupaten Karawang," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Kamis (25/1/2023).

Masih menurut Wabup, program ini juga dapat menggali potensi lokal masyarakat dan ekonomi kreatif (ekraf) untuk menciptakan iklim usaha masyarakat yang berkembang.

"Besar harapan mudah-mudahan di tahun 2023, kami pemerintah daerah bisa melaksanakan kegiatan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dibutuhkan oleh masyarakat Karawang," harap dia.

Baca juga: Uni Emirat Arab Inves 30 Miliar Dolar AS di Sektor Industri Korea Selatan

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Karawang: Dindin Rachmadhy menyebutkan ada 68 perusahaan yang telah berkontribusi di program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) 2022.

Rinciannya, 1 BUMD, 7 BUMN dan 60 Swasta yang telah berkontribusi, dan termasuk 2 asosiasi dunia usaha, yakni KADIN dan Apindo.

"Program Prioritas Pembangunan Daerah yang dapat didanai TJSLP atau CSR yaitu Ekonomi Kerakyatan pada Program Pengembangan (UMKM). Kemudian, Seni, Budaya Dan Pariwisata, Pertanian, Peternakan Dan Perikanan dan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup," urainya.

Baca juga: Penurunan Konsumsi HFC Tingkatkan Daya Saing Industri Nasional

"Kemudian ada Kesejahteraan Sosial yang di ataranya yakni Program Penurunan Stunting dan Program Percepatan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim," imbuhnya.

Selanjutnya, kata Dindin, pada Pendidikan yakni Program Peningkatan Kualitas Sarana Prasarana Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Ketenagakerjaan & Infrastruktur seperti Program Pemagangan atau Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Rulahu SPAM, PSU (Prasarana, Sarana dan Utilitas), dan Perumahan.

Menanggapi Penghargaan TJSLP yang diterima, pihak  TVS Motor Company Indonesia menilai hal ini sebagai bentuk apresiasi luar biasa dari Pemkab Karawang atas peran aktif mendukung program-progam Pemerintah Daerah yang punya nilai positif bagi masyarakat sekitar.

Baca juga: Pengamat: Program TJSL BUMN Bisa Jadi Stimulus Pemerataan Ekonomi

Rizal Tandju, DGM Marketing PT TVS Motor Company, menyampaikan penghargaan TJSLP ini sekaligus membuktikan eksistensi pihaknya dalam kegiatan CSR dan tidak sekadar memproduksi kendaraan.

“Kami sangat senang sekaligus menghargai, bisa menerima Penghargaan TJSLP 2022 ini, karena sekaligus membuktikan bahwa tidak hanya produk kami yang cukup baik diterima masyarakat, tapi kehadiran kami di Indonesia pun, khususnya di Karawang, Jawa Barat sangat diapresiasi.

"Hal itu juga dapat memacu semangat kami untuk terus memberikan segala hal yang terbaik, tak hanya produk-produk sepeda motor berkualitas tinggi, tapi juga image positif di masyarakat. Tujuannya jelas, tentu demi keberlangsungan bisnis jangka panjang di Indonesia sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar,” kata Rizal. (*/)

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved