Virus Corona

Status Lockdown di Malaysia Diperpanjang, 1.364 WNI Pulang ke Indonesia Lewat Batam

Hingga Kamis (26/3/2020) ada sebanyak 1.364 WNI masuk ke Batam melalui pelabuhan Internasional Batam Center dan Harbour Bay Batam.

Tribunbatam.id/Elhadifputra
ILUSTRASI Warga Negara Indonesia (WNI) dari Malaysia saat berada di dermaga Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, Minggu (22/3/2020) siang. Status Malaysia Lockdown Diperpanjang, Ribuan WNI Pulang ke Indonesia Lewat Batam. 

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Di tengah gejolak merebaknya wabah corona virus (Covid-19), ribuan Warga Negara Indonesia (WNI) dari negara Malaysia berbondong-bondong pulang ke Indonesia melalui Batam.

Tercatat hingga dua hari terakhir, Kamis (26/3/2020) ada sebanyak 1.364 WNI masuk ke Batam melalui pelabuhan Internasional Batam Center dan Harbour Bay Batam.

Dibanding hari sebelumnya, yakni Rabu (25/3/2020) jumlah penumpang ferri internasional tercatat sebanyak 1.086 orang penumpang.

Jumlah itu mengalami peningkatan sebanyak 309 orang.

Hal itu disampaikan Kepala Humas Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Batam, Anina, Jumat (27/3/2020).

Sejumlah TKI dan WNI yang dideportasi sedang berada di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (21/3/2020) pagi WIB.
Sejumlah TKI dan WNI yang dideportasi sedang berada di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (21/3/2020) pagi WIB. (Dok. Dishub Kalbar)

"Dari data yang kita terima dari semua pos pelabuhan, itu merupakan data akumulasi, terjadi peningkatan jumlah WNI yang masuk ke Batam," ujar Anina.

Adapun Warga Negara Indonesia yang masuk ke Batam itu, merupakan warga negara Indonesia yang bekerja di Malaysia.

"Jadi warga kita yang bekerja di sana, baik mereka yang berdagang dan TKI kembali ke Indonesia. Lewat pintu pelabuhan, sebab Malaysia sudah lockdown," terang Anina.

Untuk data per Jumat (27/3/2020) hari ini, Anina mengaku akan memberi kabar lagi.

"Belum direkap datanya," katanya.

Baca: Rekomendasi Jitu PSSI di Tengah Situasi Darurat Covid-19, Persilahkan Klub Bicarakan Kontrak Kerja

Baca: Kylian Mbappe Ikuti Jejak sang Idola Lakukan Aksi Nyata Perangi Corona, Donasi di Tanah Kelahiran

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved