Breaking News:

Virus Corona

Tak Masalah Pelibatan TNI-Polri, yang Penting Partisipasi Masyarakat Tegakkan Disiplin Hidup Sehat

Habiburokhman lebih menekankan pentingnya partisipasi masyarakat untuk menegakkan disiplin hidup sehat di tengah pandemi Covid-19.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
NEW NORMAL - Pasukan gabungan TNI berjaga di Stasiun MRT Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Pusat, Selasa,(26/9/2020). Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut sebanyak 340.000 personel TNI-Polri akan dikerahkan untuk persiapan tatanan kehidupan baru atau new normal selama pandemi Covid-19. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra Habiburokhman tak mempermasalahkan pelibatan TNI-Polri untuk mendisiplinkan masyarakat di lapangan.

Habiburokhman lebih menekankan pentingnya partisipasi masyarakat untuk menegakkan disiplin hidup sehat di tengah pandemi Covid-19.

"Pelibatan TNI dan Polri nggak ada masalah, tapi yang lebih penting adalah bagaimana melibatkan sebanyak mungkin partisipasi masyarakat dalam penegakan disiplin hidup sehat," ujar Habiburokhman, ketika dihubungi Tribunnews.com, Rabu (27/5/2020).

Adapun penegakan disiplin hidup sehat dapat terus diingatkan kepada masyarakat melalui berbagai sumber.

Habiburokhman mencontohkan di lingkungan perumahan terdapat Ketua RT, Ketua RW hingga aparat kelurahan yang dapat mengingatkan.

Baca: Jokowi Instruksikan Gugus Tugas Komunikasi Dengan Daerah Untuk Persiapan Pelonggaran PSBB

Kemudian di sekolah ada guru, pun demikian di perkantoran ada pihak pengelola yang semua dapat mengingatkan untuk hidup sehat.

Politikus Gerindra tersebut menegaskan bahwa pencegahan dan penanggulangan Covid-19 dengan mencari nafkah sama pentingnya. Sehingga penting agar keduanya bisa sama-sama berjalan.

Baca: Mendes: 47.030 Desa Telah Menyalurkan BLT Dana Desa

"Saya sepakat dengan konsep new normal yang dimaknai gaya hidup disiplin, bersih dan sehat dalam beraktivitas kembali. Jadi tidak bisa kita pertentangkan antara pencegahan dan penanggulangan corona dengan keharusan kita kembali mencari nafkah dan beraktivitas. Karena keduanya sama penting dan harus disiasati agar bisa sama-sama berjalan," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menerjunkan aparat TNI-Polri secara masif untuk mendisiplinkan masyarakat di lapangan.

Baca: Tahapan New Normal Mulai 1 Juni 2020, Kapan Sekolah dan Tempat Ibadah Dibuka?

Menurut Jokowi, kehadiran aparat TNI-Polri di titik wilayah keramaian diharapkan bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved