Breaking News:

Tribunners / Citizen Journalism

Virus Corona

Tokoh Agama dan Generasi Muda Lintas Agama Harus Bergotong Royong Hadapi Pandemi Covid-19

Protokol kesehatan harus diterapkan agar tidak terjadi penularan di dalam rumah ibadah.

Istimewa
Rumah Milenial Indonesia dan Prima Institute saat mengadakan kegiatan "Doa dan Solidaritas Untuk Bangsa" secara daring. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah harus menggencarkan sosialisasi panduan protokol kesehatan dalam kegiatan keagamaan di rumah ibadah pada saat new normal pandemi COVID-19. 

Protokol kesehatan harus diterapkan agar tidak terjadi penularan di dalam rumah ibadah. 

Pernyataan ini disampaikan Direktur Eksekutif Rumah Milenial Indonesia (RMI) Defli Yuandika melalui keterangan tertulis pada Selasa (9/6/2020).

Menurut Defli, setiap lembaga keagamaan dan rumah ibadah harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. 

Masyarakat juga harus tetap waspada, menggunakan masker, dan menjaga jarak selama beribadah agar tempat ibadah tidak menjadi pusat penularan Covid-19 baru di masa new normal.

"Kami mengapresiasi langkah Presiden Jokowi yang mengundang tokoh lintas agama untuk membahas penanganan Covid-19. Generasi muda harus juga proaktif membantu pelaksanaan protokol kesehatan dalam aktivitas di rumah ibadah, " ujar Defli.

Pada kegiatan 'Doa dan Solidaritas Untuk Bangsa' yang dilaksanakan Rumah Milenial Indonesia dan Prima Institute 1 Juni lalu, lanjut Delfi, disepakati  bahwa tokoh agama dan generasi muda lintas agama harus menjadi contoh bagaimana masyarakat Indonesia yang majemuk dapat tetap optimis dan bergotong royong di masa pandemi.

Sebelumnya, dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan membangun solidaritas sesama anak bangsa maka Rumah Milenial Indonesia dan Prima Institute pada tanggal 1 Juni 2020 mengadakan kegiatan Doa dan Solidaritas Untuk Bangsa secara daring. 

Dalam pertemuan online yang diikuti ratusan peserta tersebut, hadir tokoh agama dan aktivis muda lintas agama dari berbagai organisasi.

Para tokoh agama yang hadir antara lain, Ketua MUI Pusat Bidang KAUB H.Yusnar Yusuf, MS, Ph.D, Sekretaris Umum MPH PGI Pdt. Jacklevyn Frits Manuputty, S.Th., S.FIL., M.A., Sekretaris Komisi Kerawam KWI Romo Paulus Christian Siswantoko Pr, Ketua Umum Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (NSI) Maha Pandita Utama Suhadi Sendjaja, Ketua MATAKIN Bidang Pemberdayaan dan Pelatihan Rohaniwan Ws. Mulyadi Liang, S.Pd.,M.Ag., dan Ketua Pinandita Sanggraha Nusantara DKI Jakarta I Gde Suparta Putra SH.

Halaman
123
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved