Breaking News:

Virus Corona

Klaster Secapa AD Bandung Sebagian Besar OTG

Sebagian besar mereka yang positif tidak menunjukan gejala atau berstatus OTG (orang tanpa gejala).

Surya/Ahmad Zaimul Haq
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA -- Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo angkat bicara mengenai lonjakan kasus positif Covid-19 pada Kamis, (9/7/2020).

Menurut Doni kebanyakan kasus berasal dari Klaster Bandung yaitu Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat.

"Paling besar berasal dari klaster di Bandung. Di sekolah, salah satu pusat pendidikan TNI Angkatan Darat," kata Doni di Kalimantan Tengah, Kamis, (9/7/2020). 

Terdapat lebih dari 1000 kasus positif yang ditemukan di Klaster tersebut. Sebagian besar mereka yang positif tidak menunjukan gejala atau berstatus OTG (orang tanpa gejala). 

Baca: Kampung Tangguh Nusantara TNI-Polri untuk Lawan Dampak Covid-19 dan Perubahan Iklim

Baca: Presiden Ingatkan Tes Masif Saja Tidak Cukup Kendalikan Covid-19 

Baca: Jokowi: Lumbung Pangan Kesiapan Menghadapi Krisis Akibat Pandemi Covid-19

"Sebagian besar yang terinfeksi adalah OTG.  Hanya 17 orang yang dirawat di RS dengan gejala ringan dan sedang. Sisanya semua dalam kondisi prima, masih melakukan aktivitas sehari hari," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto menurut Doni telah melakukan langkah-langkah penanganan diantaranya isolasi terhadap siswa dan keluarga yang dinyatakan positif Covid-19

"Kemudian tidak ada lagi yang memberikan izin kepada siapapun untuk memasuki area tersebut. Jadi karantina lokal. Engga boleh ada yang keluar masuk. Pangdam juga dapat gambaran soal siswa yang terpapar," katanya.

Salah satu hal yang penting dalam penanganan Covid-19 di Klaster Secapa AD tersebut yakni pemberian asupan makanan. Sehingga dengan adanya karantina lokal dan asupan makan yang bergizi, mereka yang postif dapat segera pulih.

"Kemudian makanan mereka harus dapat perhatian khusus sehingga bisa segera pulih kembali dalam waktu yang tidak lama," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved