Breaking News:

Virus Corona

Vaksin Sudah Ditemukan, WHO Peringatkan Agar Tidak Berpuas Diri, Tetap Waspada Covid-19

WHO memperingatkan pemerintah dan warga dunia untuk tidak mengurangi kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19, meskipun sekarang vaksinasi sudah dekat.

Christopher Black / World Health Organization / AFP
Tedros Adhanom Ghebreyesus saat rapat di kantor WHO di Genewa Swiss pada 5 Oktober 2020 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pemerintah dan warga dunia untuk tidak mengurangi kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19, meskipun sekarang program vaksinasi sudah dekat.

WHO meminta semua pihak untuk tetap disiplin merapkan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan untuk mencegah penularan Covid-19.

WHO mengingatkan, ketika dunia lengah, maka sistem perawatan di negara manapun akan goyah akibat Covid-19.

Baca juga: WHO Pertimbangkan Penggunaan Sertifikat e-Vaksinasi untuk Perjalanan Internasional

Baca juga: Sesuai Aturan, Vaksin Covid-19 Bisa Diperoleh Secara Gratis maupun Dibeli oleh Masyarakat

"Kemajuan vaksin memberi kita semua dorongan dan kita sekarang dapat mulai melihat titik terang. Namun, WHO khawatir ada persepsi yang berkembang bahwa pandemi Covid-19 sudah berakhir karena adanya vaksin," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers di Jenewa, seperti dilansir Reuters, Minggu (6/12/2020).

Inggris menyetujui vaksin Covid-19 buatan Pfizer Inc pada Rabu pekan lalu, meningkatkan harapan baru untuk melawan virus yang telah menewaskan hampir 1,5 juta orang di dunia, menghidupkan kembali ekonomi dunia dan meningkatkan kehidupan normal miliaran orang.

Tedros mengingatkan semua masyarakat dunia, bahwa masih panjang jalan yang harus dilalui untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

Dia tegaskan, keputusan yang dibuat pemerintah suatu negara akan menentukan jalannya dalam jangka pendek dan kapan pandemi pada akhirnya akan berakhir.

Ilustrasi Vaksin yang Resmi Ditetapkan Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19 di Indonesia
Ilustrasi Vaksin. (WHO) memperingatkan pemerintah dan warga dunia untuk tidak mengurangi kewaspadaan terhadap pandemi Covid-19, meskipun sekarang program vaksinasi sudah dekat. (The Jakarta Post)

"Kami tahu ini adalah tahun yang sulit dan semua orang sudah lelah, tetapi di rumah sakit yang beroperasi atau yang sudah melebihi kapasitas, itu yang paling merasa kesulitan," katanya.

"Kenyataannya saat ini, banyak tempat menyaksikan penularan virus Covid-19 yang sangat tinggi, yang memberikan tekanan besar pada rumah sakit, unit perawatan intensif dan petugas kesehatan."

Halaman
1234
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved