Hukuman Mati

FOTO: Masa Kecil Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran

Foto-foto masa kecil mereka tersebar di beberapa media online Australia.

Editor: Hasanudin Aco
news.com.au
Foto masa kecil Duo Bali Nine 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Setelah duo Bali Nine (Andrew Chan dan Myuran Sukumaran) dieksekusi, foto-foto masa kecil mereka tersebar di beberapa media online Australia.

Dalam foto itu mereka tampak begitu lucu dan menggemaskan, layaknya anak kecil seumuran mereka. Namun tak ada yang menduga, ketika dewasa, mereka berdua akhirnya terlibat dalam kasus penyelundupan narkoba oleh sembilan warga Australia, yang dikenal dengan nama kelompok Bali Nine.

Foto Bali Nine saat mereka sudah dewasa.

17 April 2005 - Sembilan warga Australia ditangkap di bandar udara Ngurah Rai.
Sembilan warga Australia ditangkap di Bandara Udara Ngurah Rai, Bali, dengan tuduhan berupaya menyelundupkan lebih dari delapan kilogram heroin keluar dari Indonesia. Martin Stephens, Renae Lawrence, Scott Rush dan Michael Czuga ditangkap di bandara dengan mengikat paket heroin ke tubuh mereka.

Sementara tiga lainnya, Si Yi Chen, Tan Duc Thanh Nguyen dan Matthew Norman ditangkap di Hotel Maslati dekat Pantai Kuta dengan kepemilikan 300 gram heroin. Andrew Chan dan Myuran Sukumaran ditangkap di bandara karena dianggap terkait dengan tujuh warga yang ditangkap.

11 Oktober 2005 - Persidangan dimulai
Persidangan untuk Michael Czugaj dan Myuran Sukumaran dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2005 di Denpasar.
Keesokan harinya persidangan digelar untuk Matthew Norman, Si Yi Chen, dan Tan Duch Than Nguyen. Keesokan harinya, giliran Andrew Chan dan Scott Rush yang memenuhi panggilan persidangan. 14 Oktober, persidangan untuk Renae Lawrence dimulai.

13 Februari 2006 - Para tersangka dijatuhi hukuman
Renae Lawrence dan Scott Rush dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Hakim mengatakan tidak ada bukti untuk mendukung klaim bahwa mereka telah dipaksa membawa obat-obatan dengan ancaman anggota keluarga mereka akan dibunuh. Sebelumnya hukuman bagi Lawrence adalah penjara selama 20 tahun.

14 Februari Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dinyatakan bersalah dengan ancaman hukuman mati.

Mereka dianggap telah menyediakan uang, tiket pesawat, dan hotel kepada para penyelundup. Sementara Michael Czugaj dan Martin Stephens dihukum penjara seumur hidup.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved