Sempat Diisukan Tewas, Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Muncul Kembali dalam Video Propaganda

Sempat Dirumorkan Tewas, Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi Kembali Menampakkan Diri dalam Video untuk Pertama Kalinya dalam 5 Tahun

Sempat Diisukan Tewas, Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Muncul Kembali dalam Video Propaganda
SITE Intelijen via The New York Times
Sempat Dirumorkan Tewas, Pemimpin ISIS Kembali Menampakkan Diri dalam Video untuk Pertama Kalinya dalam 5 Tahun 

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Negra Islam Irak dan Suriah (ISIS) Abu Bakar al-Baghdadi dikabarkan kembali menampakkan dirinya dalam sebuah videopropaganda.

Diwartakan dalam The Guardian pada Selasa (30/4/2019), ini merupakan kemunculan pertama kalinya dalam lima tahun terakhir sejak mendeklarasikan 'khilafah' di Mosul, Irak, pada 2014 silam.

Sosok pempimpin ISIS ini menjadi misteri, bahkan rumor yang beredar menyebutkan pemimpin ISIS itu terluka atau sudah tewas.

Namun pada Senin (29/4/2019), ia muncul kembali melalui sebuah rekaman video.

Duduk bersila di samping senapan Kalashnikov, ia berbicara tidak lebih dari 40 detik, dan tampaknya gerakannya terbatas.

Dikutip dari The New York Times pada Senin (29/4/2019), dalam video itu ia mengumpulkan pengikutnya kembali setelah kehilangan wilayah di Irak dan Suriah dan pasca pemboman massal di Sri Lanka.

"Pertempuran kita hari ini adalah pertempuran gesekan, dan kita akan memperpanjangnya untuk musuh, dan mereka harus tahu bahwa jihad akan berlanjut sampai Hari Penghakiman," katanya dalam video.

Pesan yang ingin ia kirim sangat jelas. Para ahli menyebut video itu menunjukkan Negara Islam masih ada dan dia ia masih memegang kendali.

BACA ARTIKEL SELENGKAPNYA

Penulis: Yoyok Prima Maulana
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved