Melihat Kehebatan Kereta Angkut China ke Eropa. Jalur Sutra Modern

China memiliki jaringan kereta angkut internasional untuk mendistribusikan barang ke luar negeri dan dari luar negeri

Melihat Kehebatan Kereta Angkut China ke Eropa. Jalur Sutra Modern
IST/Xi'an International Trade & Logistic Park
Kereta angkut internasional China mengangkut berton-ton kacang tiba di Xi'an, China dari Tashkent, Uzbekistan. 

Laporan wartawan Tribunnews.com Deodatus Pradipto dari Xi'an

TRIBUNNEWS.COM, XI'AN - Pada masa lampau, bangsa China bisa menjalin bisnis dengan bangsa Eropa melalui perjalanan darat yang kita kenal dengan Jalur Sutra. Jalur Sutra kemudian memberikan pengaruh yang signifikan bagi perekonomian di China dan negara-negara lain, serta berpengaruh terhadap kebudayaan dua belah pihak.

Jalur Sutra kini hadir dalam wujud baru, yaitu kereta angkut internasional. China memiliki jaringan kereta angkut internasional untuk mendistribusikan barang ke luar negeri dan dari luar negeri, terutama negara-negara di Eropa dan Asia Tengah. Kereta angkut internasional tersebut adalah satu dari sekian layanan jasa dari China Railway Express (Chang'an).

China Railway Express (Chang'an) adalah wujud keterlibatan Provinsi Shaanxi, khususnya Kota Xi'an dalam mewujudkan Belt & Road Initiative. Fokus China Railway Express (Chang'an) adalah membangun sebuah titik awal baru Silk Road Economic Belt.

Sejak 31 Maret 2018, China Railway Express terlibat secara langsung dalam impor dan ekspor China melalui Xi'an. Dari Xi'an, China Railway Express mengirim barang ke sejumlah kota dan negara di Benua Asia dan Benua Eropa.

Di antaranya adalah Kazakhstan, Polandia, Rusia, Jerman, Finlandia, Belgia, Hungaria, Latvia dan Italia. China Railway Express Chang'an juga mendistribusikan produk-produk impor China ke beberapa kota di China seperti Tianjin, Qingdao, ShangHai dan Shenzhen.

Kereta angkut China-Eropa (Xi'an-Budapest) berangkat dari Stasiun Kereta Xinzhu di ITL Park pada 27 Maret 2019.
Kereta angkut China-Eropa (Xi'an-Budapest) berangkat dari Stasiun Kereta Xinzhu di ITL Park pada 27 Maret 2019. (IST/Xi'an International Trade & Logistic Park)

China Railway Express (Chang'an) dioperasikan oleh Xi'an International Land Port Multimodal Transport Co., Ltd. Perusahaan ini terletak di Xi'an International Trade & Logistics Park of China, Xi'an, Shaanxi.

Tribunnews.com mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi kantor pengendalian China Railway Express (Chang'an), Kamis (13/6/2019). Di sini Tribunnews.com dan para jurnalis dari sejumlah negara di Asia mendapatkan pemaparan dari pihak Xi'an International Land Port Multimodal Transport Co., Ltd soal bagaimana China Railway Express (Chang'an) berkontribusi dalam mewujudkan Belt & Road Initiative.

China Railway Express (Chang'an) memiliki jadwal pendistribusian barang tetap ke negara-negara di Eropa. Frekuensi keberangkatan kereta angkut dari Xi'an ke Hamburg atau Duisburg di Jerman adalah enam hari dalam sepekan, sedangkan untuk jalur sebaliknya adalah sekali dalam sepekan, sehingga jika ditotal frekuensi kereta angkut internasional Xi'an-Hamburg-Duisburg-Xi'an adalah tujuh hari dalam sepekan. Barang-barang dari Xi'an tiba di Hamburg dalam 15 hari.

"Selain karena jarak yang begitu jauh, standar rel kereta api di beberapa negara berbeda sehingga membutuhkan waktu satu-dua hari untuk mengirimkan rel lalu barang-barang bisa sampai di tujuan," jelas seorang juru bicara oleh Xi'an International Land Port Multimodal Transport Co., Ltd.

Seorang pekerja memerhatikan pengangkatan kargo dari kereta angkut Chang'an di Xi'an, Shaanxi, China.
Seorang pekerja memerhatikan pengangkatan kargo dari kereta angkut Chang'an di Xi'an, Shaanxi, China. (China Daily/Xinhua)
Halaman
12
Penulis: Deodatus Pradipto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved