Menlu Malaysia Paparkan Landasan Baru Politik Luar Negerinya di Paramadina

Melalui berbagai kerja sama yang telah dilakukan diharapkan hubungan antara Indonesia dan Malaysia semakin kuat.

Menlu Malaysia Paparkan Landasan Baru Politik Luar Negerinya di Paramadina
THE STAR
Menlu Malaysia YB Dato' Saifuddin Abdulla 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) bekerja sama dengan Universitas Paramadina dan Dreya Communications menggelar kuliah umum yang bertemakan "Landasan Luar Negeri Malaysia".

Tema ini diangkat untuk mengetahui landasan politik luar negeri baru Malaysia.

Kuliah umum ini dihadiri Menteri Luar Negeri Malaysia YB Dato' Saifuddin Abdullah, Rektor Universitas Paramadina, Firmanzah dan Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio di Kampus Paramadina, Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Hadir pula Calon Dubes Malaysia, Zainal Abidin Bakar, Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo dan Managing Partner Dreya Communication, Inayat Hisyam.

Pemahaman tentang landasan terbaru negara Malaysia sangat diperlukan terutama untuk konsolidasi kebijakan di antara negara-negara di wilayah ASEAN, dan terutama dengan Indonesia.

Baca: Kisah Seru Journey of Wonder, Perjalanan Keluarga Petualang Keliling Dunia dengan Pajero Sport 4x4

Indonesia dan Malaysia adalah dua negara yang memiliki pengaruh besar di wilayah ASEAN, kerja-sama dan saling memahami antara kedua negara akan menjadi fundamental kekuataan baru di tengah arus globalisasi.

"Terdapat beberapa komponen penting yang kami sampaikan dalam kuliah umum kali ini yakni falsafah Malaysia Baharu, tujuan dasar luar Malaysia Baharu, Kementerian Luar Negeri Malaysia Baru serta perwakilan yang memaksimalkan berbagai bidang seperti keuangan, keahlian, pelatihan, dan pembangunan. Lalu, berbagai bentuk kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, dan terakhir keterlibatan masyarakat Malaysia dalam proses pemahaman komponen tersebut." ujar Menteri Luar Negeri Malaysia YB Dato' Saifuddin Abdullah dalam pidatonya di Universitas Paramadina.

Baca: Versi Modifikasi Honda ADV150 Tampil dengan Konsep Urban Street

Karena itu, menurutnya dibutuhkan pula dukungan dari berbagai pihak agar setiap negara dapat saling bersinergi satu dengan lainnya, khususnya negara anggota ASEAN.

Dato' Saifuddin menambahkan, melalui berbagai kerja sama yang telah dilakukan diharapkan hubungan antara Indonesia dan Malaysia semakin kuat.

"Saya yakin hubungan Indonesia dengan Malaysia ke depan makin kokoh," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved