Taifun No.19 Diperkirakan Menghantam Daratan Jepang Mulai Jam 3 Dini Hari Besok

Taifun No.19 (Hagibis) diperkirakan akan memporak porandakan daratan Jepang mulai jam 3 pagi, Sabtu (12/10/2019) besok sampai dengan Minggu.

Taifun No.19 Diperkirakan Menghantam Daratan Jepang Mulai Jam 3 Dini Hari Besok
Badan Meteorologi Geofisika Jepang
Ramalam cuaca Jumat (11/10/2019) jam 6 pagi mengenai keberadaan Taifun No.19 (Hagibis) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Taifun No.19 (Hagibis) diperkirakan akan memporak porandakan daratan Jepang mulai jam 3 dini hari, Sabtu (12/10/2019) besok sampai dengan Minggu (13/3/2019). Setelah itu angin taifun akan bergerak menunu Samudra Pasifik.

"Kali ini taifun No.19 benar-benar sangat kuat dengan jangkauan angin lebih luas 4 kali lipat daripada taifun sebelumnya," ungkap sumber Tribunnews.com dari Badan Meteorologi dan Geofisika Jepang, Jumat (11/10/2019).

Oleh karena itu diharapkan semua warga yang ada di Jepang lebih hati-hati berjaga-jaga belajar dari taifun No.15 yang menghantam Chiba tanggal 9 September lalu.

"Ada kemungkinan listrik mati dan yang pasti semua transportasi akan berhenti saat Taifun mendatangi Jepang nantinya," ungkap sumber Tribunnews.com yang lain.

Prediksi Wheather News mengenai kedatangan taifun No.19, Sabtu (12/1/2019) dan  Minggu (13/10/2019) di Tokyo dan sekitarnya lebih berbahaya ketimbang taifun sebelumnya.
Prediksi Wheather News mengenai kedatangan taifun No.19, Sabtu (12/1/2019) dan Minggu (13/10/2019) di Tokyo dan sekitarnya lebih berbahaya ketimbang taifun sebelumnya. (Foto Wheather News)

Japan Railways (JR) telah mengumumkan kemungkinan menghentikan sementara semua perjalanan kereta api saat taifun menghantam Jepang mulai Sabtu dan Minggu besok.

Selain jadwal perjalanan kereta api, transportasi udara pesawat juga semua mengumumkan penundaan keberangkatan saat taifun mendarat di Jepang mulai besok.

Pihak pemerintah Jepang juga telah bersiap dengan tim khusus darurat untuk mengantisipasi semua kemungkinan.

Baca: Fahri Hamzah, Rocky Gerung, Andi Arief hingga Dahnil Anzar Tanggapi soal Insiden Penusukan Wiranto

"Tolong siapkan banyak air, kemungkinan teiden mati lampu. Senter baterai juga siapkan. Radio baterai juga siapkan. Demikian pula berhati-hati atas barang di luar rumah kita ada kemungkinan melayang menghantam kaca jendela kita. Oleh karena itu tutup dengan rolling door aluminium jendela. Persediaan air sampai penuhi bathtab, persediaan makanan dan minuman jangan lupa, bensin juga diisi penuh bagi yang punya kendaraan bermotor," pesannya.

Kali ini warga Jepang sibuk bersiap dan berjaga menghadapi taifun yang lebih kuat dan lebih luas daripada taifun sebelumnya mulai Jumat ini.

Bahkan banyak warga Indonesia berharap doa keselamatan dari teman maupun saudara yang ada di tanah air dan di mana pun berada untuk keselamatan para WNI di Jepang.

Rumah hancur di Minami Boso Chiba Jepang dihantam taifun hari Minggu dan Senin pagi (2/9/2019)
Rumah hancur di Minami Boso Chiba Jepang dihantam taifun hari Minggu dan Senin pagi (2/9/2019) (Richard Susilo)

Jepang akan kembali tenang dari taifun mulai Senin (14/10/2019) bertepatan dengan hari libur nasional Jepang dalam rangka pendidikan jasmani, sekitar jam 3 pagi.

Sebagian jalan tol yang berada ke arah lautan Pacific juga rencana akan ditutup selama taifun menghantam daratan Jepang 12 Oktober besok.

Kekuatan taifun 925 hPa. Pergerakan perpindahan taifun dengan kecepatan 25 km per jam.

Kecepatan angin maksimum di dekat pusat adalah 55 meter per detik, dan kecepatan angin instan maksimum adalah 75 meter per detik.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved