Wisata Jepang

Mengenal Desa Nioza, Desa Samurai Terkenal di Kota Usuki Perfektur Oita Jepang

Desa Nioza di Kota Usuki Perfektur Oita adalah desa Samurai di Jepang yang sangat terkenal memiliki 100 pemandangan kota terbaik.

Mengenal Desa Nioza, Desa Samurai Terkenal di Kota Usuki Perfektur Oita Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Desa Nioza di Kota Usuki Perfektur Oita, lokasi perumahan peninggalan para Samurai di Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jika sedang berkunjung ke Jepang seringkali diperkenalkan dengan tempat Samurai, ksatria Jepang. Namun umumnya ke lokasi buatan seperti tempat yang memang dibuat untuk lokasi pembuatan film.

Desa Nioza di Kota Usuki Perfektur Oita adalah desa Samurai di Jepang yang sangat terkenal memiliki 100 pemandangan kota terbaik yang diputuskan oleh Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang.

Termasuk ada pula kastil Usuki yang terletak di sebuah bukit yang terbuat dari tufa, abu vulkanik yang mengeras dari Gunung Aso, dan jalan itu dibuat dengan mencukur bebatuan di beberapa tempat.

Sisa-sisa yang unik dari kota benteng tetap ada di sepanjang gang-gang sempit di sini, mirip seperti film Samurai yang kita lihat di bioskop.

Memasuki dari persimpangan Desa Nioza yang dilengkapi dengan peta desa, kita bisa lihat Nioza Historical Street terpampang di sana.

Desa Nioza di Kota Usuki Perfektur Oita, lokasi perumahan peninggalan para Samurai di Jepang.
Desa Nioza di Kota Usuki Perfektur Oita, lokasi perumahan peninggalan para Samurai di Jepang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Kita akan menemukan deretan tempat tinggal samurai kelas tinggi, dan jika lurus ke atas, bagai jalan mendaki, kita akan mulai melihat rumah-rumah kuno milik para Samurai Jepang di masa lalu.

Pada saat festival, sekitar 20.000 lentera bambu berjejer di jalan-jalan beraspal selama Usuki Takeyoi, sebuah festival yang diadakan pada awal November setiap tahun, menciptakan suasana yang fantastik, indah, nyaman tenteram namun juga sekaligus meriah.

Gang sempit fotogenik Nioza sepanjang 200 meter yang membentang di sepanjang jalan dengan pemandangan rumah-rumah tempat tinggal Samurai dan kuil, dibangun dalam arsitektur gaya Zaman Edo, yang memunculkan perasaan masa lalu.

Baca: Bikin Heboh Hadir ke Istana Ternyata Tanpa Undangan Jokowi, Ini Pengakuan Tetty Paruntu

Baca: Gibran Rakabuming Pastikan Maju Pilkada Solo, Anak Sulung Jokowi Pasrahkan Bisnis Kuliner ke Kaesang

Termasuk rumah bangsawan dan samurai Nakane di mana anaknya kemudian menjadi bos Sanwa Bank, Sadahiko Nakane (4 Feb 1878-24 Jan 1964), rumah dua lantainya masih diabadikan di jalanan bersejarah Nioza tersebut, terbuka untuk umum.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved