Breaking News:

Siswi 12 Tahun dari Gresik, Tulis Surat ke PM Australia: Jangan Kirim Sampah Tak Bisa Didaur Ulang

Siswi 12 Tahun Asal Gresik, Aeshninna (Nina) Azzahra Tulis Surat untuk PM Australia Scott Morrison Agar Hentikan Ekspor Limbah Kertas dan Plastik

Istimewa/ABC
Aeshninna Azzahra atau yang akrab disapa NIna. Gadis asal Gresik, Jawa Timur, ini menulis surat kepada Perdana Menteri Australia Scott Morrison, di mana dia meminta agar Australia menghentikan ekspor sampah plastik mereka. 

TRIBUNNEWS.COM - Aktivis lingkungan Indonesia berusia 12 tahun, meminta Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison untuk menghentikan ekspor limbah kertas dan plastik ke negaranya.

Aeshninna (Nina) Azzahra, siswi asal Gresik, Jawa Timur ini mengajukan permintaannya melalui surat terbuka yang dikirim secara pribadi ke Kedutaan Australia di Jakarta kemarin malam, Selasa (21/1/2020).

Dilansir dari ABC News, surat terbuka itu merupakan ekspresi kekecewaan Azzahra terkait dampak ekologis dan kesehatan dari limbah asing yang masuk ke wilayah Indonesia.

Ia juga merinci dampak langsung dari perdagangan ekspor pada desa-desa di wilayah Azzahra tinggal.

"Saya merasa sedih mengetahui bahwa kota saya menjadi tempat pembuangan sampah plastik dari negara-negara maju," tulis Azzahra.

Azzahra juga menuliskan potongan-potongan sampah plastik yang ia temukan membawa label-label dari berbagai negara.

Di antaranya Kanada, Australia, Amerika Serikat (AS), Inggris, dan sejumlah negara maju lainnya.

"Tolong simpan limbah Australia di Australia dan jangan mengirim sampah yang tidak dapat didaur ulang ke Indonesia, yang akan menambah lebih banyak masalah sampah plastik di negara saya," tulisnya dalam surat terbuka kepada Scott Morrison.

"Berhentilah mengekspor campuran kertas bekas dan sisa plastik ke Jawa Timur dan Indonesia. Tolong ambil kembali sampahmu dari Indonesia," tegasnya dalam surat terbuka itu.

Letter to Scott Morrison - In her open letter, Aeshninna Azzahra says she feels sad to know her city is a dump site for developed countries.
Letter to Scott Morrison - In her open letter, Aeshninna Azzahra says she feels sad to know her city is a dump site for developed countries. (ABC News)

Impor 283 Ribu Ton Sampah pada 2018

Halaman
1234
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Daryono
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved