Virus Corona

7 Perfektur di Jepang Cabut Deklarasi Darurat, 20 Lainnya Relaksasi

Dua perfektur yang tidak ada permintaan cuti dari Deklarasi Darurat adalah Okayama dan Tokushima.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Grafik penurunan jumlah pasien yang terinfeksi virus corona di Jepang per 10 Mei 2020. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Senin (11/5/2020) hingga pukul 15.00 waktu Jepang sebanyak 7 perfektur di Jepang telah menyatakan ke luar atau membatalkan Deklarasi Darurat Nasional.

Sementara 20 perfektur lainnya melakukan relaksasi, pembatasan di sebagian wilayahnya.

"Sekitar 60 persen pemerintah daerah telah membatalkan deklarasi darurat atau melonggarkan (relaksasi) deklarasi darurat karena banyak daerah yang pertambahan pasien nol dalam seminggu terakhir ini," ungkap sumber Tribunnews.com di pemerintahan pusat Jepang, Senin (11/5/2020).

Namun ada perfektur yang tetap memperpanjang deklarasi darurat seperti Perfektur Okinawa, yang telah memutuskan untuk memperpanjang permintaan cuti hingga tanggal 20 Mei ini.

Museum layangan di Higashi-Omi, Perfektur Shiga Jepang.
Museum layangan di Higashi-Omi, Perfektur Shiga Jepang. (NHK)

Okinawa memiliki kebijakan untuk membatalkannya sebelum tanggal 14 Mei, tidak termasuk beberapa fasilitas rekreasi, karena situasi infeksi di perfektur masih ada walaupun kecenderungannya menurun.

Selain itu, beberapa pemerintah daerah lain yang terus meminta cuti memutuskan apakah akan melonggarkan permintaan atau tidak, diputuskan pada akhir minggu ini.

Dua perfektur yang tidak ada permintaan cuti dari Deklarasi Darurat adalah Okayama dan Tokushima.

Sedangkan yang akan membatalkan mulai hari ini adalah Aomori, Iwate, Miyagi, Tottori, Kagawa, Kochi, Miyazaki.

Baca: Gerai di Sarinah Tutup, Si Badut Ronald McDonald Sudah Tak Terlihat Lagi Duduk di Kursi Depan

Sebanyak 20 perfektur yang meminta relaksasi pada wilayahnya sebagian adalah Akita, Yamagata, Tochigi, Niigata, Toyama, Fukui, Yamanashi, Nagano, Shizuoka, Mie, Shiga, Wakayama, Hiroshima, Shimane, Yamaguchi, Ehime, Saga, Nagasaki, Kumamoto, Kagoshima.

Sedangkan permintaan berlanjut dengan Deklarasi Darurat adalah Hokkaido, Fukushima, Ibaraki, Gunma, Saitama, Chiba, Tokyo, Kanagawa, Ishikawa, Gifu, Aichi, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Fukuoka, Oita, Okinawa.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved