Virus Corona

Subsidi Penyesuaian Pekerjaan Terdampak Covid-19 di Jepang, Pengajuan Aplikasi Dimulai 20 Mei 2020

Untuk mengajukan subsidi tersebut, pekerja harus membawa atau mengirimkan dokumen ke Biro Tenaga Kerja yang ada di Kasumigaseki Tokyo mulai 20 Mei.

NHK
Papan pengumuman ke lokasi konsultasi para pekerja yang ingin mendapatkan subsidi pekerjaan. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Tenaga Kerja Jepang akan menerima aplikasi subsidi penyesuaian pekerjaan yang terdampak Covid-19, secara online mulai tanggal 20 Mei 2020.

"Subsidi penyesuaian pekerjaan adalah subsidi yang disediakan oleh pemerintah Jepang untuk mempertahankan beberapa pekerjaan tanpa memberhentikan karyawan dan membayarkan tunjangan cuti meskipun penjualan kantor berkurang," ungkap sumber Tribunnews.com, Selasa (19/5/2020).

Sistem pemberian subsidi diperluas dengan aplikasi bisa dilakukan lewat online sehingga para pekerja tak perlu ke luar rumah.

Baca: Beli Jet Pribadi Saja Diam-diam, Pantas Sandra Dewi Baru Tahu Kalau Token Listrik Bisa Bunyi!

Untuk mengajukan hibah bantuan (subsidi) tersebut, pekerja harus membawa atau mengirimkan dokumen ke Biro Tenaga Kerja yang ada di Kasumigaseki Tokyo mulai 20 Mei 2020.

Lewat online juga dimungkinkan dengan mengakses sistem khusus dari situs web Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan.

Prosedur akan disederhanakan dengan semakin mengurangi dokumen yang diperlukan untuk aplikasi.

Subsidi penyesuaian pekerjaan sebenarnya telah dimulai sejak 14 Februari 2020 lalu, namun aplikasi online baru mulai dilakukan 20 Mei mendatang.

Sejak 14 Februari lalu sudah masuk 24.797 aplikasi hingga Senin (18/5/2020).

Jumlah pembayaran 12.201 telah diputuskan karena dimulainya perluasan sistem.

Baca: FAKTA Tenaga Medis Ogan Ilir Mogok Kerja: Hanya Digaji Rp 750 Ribu, Minta Kejelasan Rumah Singgah

Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan menyerukan kepada perusahaan-perusahaan yang mengambil cuti karena efek dari virus corona untuk menggunakan sistem, dan juga kementerian sedang mempelajari meningkatkan jumlah maksimum subsidi.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved