Breaking News:

Ibadah Haji 2020

Media Asing Soroti Pembatalan Ibadah Haji 2020 di Indonesia

Indonesia telah membatalkan rencana untuk menghadiri ibadah Haji tahun ini karena kekhawatiran terhadap pandemi virus corona jadi sorotan media asing.

Al Jazeera
Media Asing Soroti Pembatalan Ibadah Haji Indonesia 

TRIBUNNEWS.COM - Indonesia telah membatalkan rencana untuk menghadiri ibadah Haji tahun ini karena kekhawatiran terhadap pandemi virus corona.

Kebijakan ini pun menjadi sorotan media asing, satu di antaranya yakni Al Jazeera.

Pada 2020 ini, lebih dari 220 ribu orang dari negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, akan mengambil bagian dalam haji.

Adanya pandemi global membuat berbagai pihak berpikir ulang untuk menyelenggaraka ibadah haji.

Baca: Keberangkatan Jemaah Haji 2020 Resmi Batal, Nekat Berangkat, Sanksinya Pidana dan Denda Miliaran 

Baca: Pelaksanaan Ibadah Haji 2020 Dibatalkan, Begini Nasib Jemaah yang Sudah Lunasi Uang BPIH

Ibadah Haji Jadi Sorotan
Media Asing Soroti Pembatalan Ibadah Haji Indonesia

Pihak otoritas Arab Saudi hingga kini belum mengumumkan keputusan akhir, apakah akan melanjutkan ibadah Haji pada akhir Juli mendatang.

"Pemerintah telah memutuskan untuk membatalkan ibadah haji 2020 karena otoritas Arab Saudi tak juga memberikan kepastian," kata Menteti Agama Fachrul Razi, dalam konferensi pers di Jakarta.

"Ini adalah keputusan yang sangat pahit dan sulit. Tetapi kami memiliki tanggung jawab untuk melindungi para jemaah dan pekerja kami," tambahnya.

Baca: Cerita Calon Jemaah yang Kecewa Haji Dibatalkan, Daftar Sejak 2011 dan Sudah Lunasi Pembayaran

Baca: Pengelola Perjalanan Beberkan Plus-Minus Keputusan Pembatalan Ibadah Haji 2020

ILUSTRASI Ibadah Haji - Suasana di puncak Jabal Rahmah, Sabtu (10/8/2019) dini hari Waktu Arab Saudi. Ribuan jemaah haji dari berbagai negara incar posisi wukuf di Jabal Rahmah yang diyakini sebagai tempat bertemuanya Nabi Adam dan Hawa.
ILUSTRASI Ibadah Haji - Suasana di puncak Jabal Rahmah, Sabtu (10/8/2019) dini hari Waktu Arab Saudi. Ribuan jemaah haji dari berbagai negara incar posisi wukuf di Jabal Rahmah yang diyakini sebagai tempat bertemuanya Nabi Adam dan Hawa. (Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019)

Secara terpisah, pemerintah Saudi telah mengatakan haji dan umrah, yang menarik jutaan pelancong dari seluruh dunia, akan tetap ditangguhkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Fachrul Razi mengatakan, bulan lalu, Presiden Joko Widodo mengadakan panggilan telepon dengan Raja Salman dari Arab Saudi mengenai masalah ini.

Indonesia kemudian memilih untuk meminta jemaah calon haji untuk tetap di rumah.

Halaman
12
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: bunga pradipta p
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved