Breaking News:

Virus Corona

Pekan Depan Jepang Keluarkan Aplikasi Pemberitahuan Otomatis Warga yang Terinfeksi Covid-19

Setelah diketahui terjadi kontak dengan orang terinfeksi virus Corona, akan diberitahukan secara otomatis 15 menit kemudian atau lebih.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Gedung Kementerian Tenaga Kerja Jepang di Kasumigaseki Tokyo Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang minggu depan akan merilis garis besar aplikasi untuk ponsel cerdas yang memungkinkan masyarakat diberi tahu jika telah melakukan kontak berat dengan orang yang terinfeksi virus corona dalam jarak satu meter.

Setelah diketahui terjadi kontak dengan orang terinfeksi virus Corona, akan diberitahukan secara otomatis 15 menit kemudian atau lebih.

"Aplikasi ini merekam data masing-masing ketika pengguna saling mendekati pada jarak tertentu, dan ketika seseorang yang diketahui terinfeksi dengan virus corona sudah mendaftarkan informasi dalam aplikasi, maka tujuan kontak diberitahu," papar sumber Tribunnews.com, Jumat (12/6/2020).

Sebagai contoh A terinfeksi Corona, telah mendaftar di aplikasi tersebut dan atau telah terdaftar di Kementerian Kesehatan Jepang.

B orang yang negatif tidak terinfeksi. Lalu B bertemu A yang tidak dikenalnya dalam kereta api yang penuh sesak.

Maka aplikasi segera mengetahui hal tersebut berkat navigasi keberadaan ponsel si A dan ponsel si B, akan memberikan alarm.

Pemberitahuan dan atau notifikasi kepada B bahwa dia terdeteksi dekat, dalam jarak 1 meter dengan si A yang terinfeksi Covid-19, setelah 15 menit kemudian atau lebih.

Baca: Kolaborasi dengan Gerakan Masker untuk Indonesia, Blibli Sumbang Ribuan Masker Kain

Jarak 15 menit digunakan agar tidak mengetahui langsung siapa yang terinfeksi Covid-19 sebagai bagian perlindungan privasi di Jepang.

"Dalam kurun waktu 15 menit orang sudah berjalan jauh apalagi kalau naik kereta api. Jadi privasi ketemu dengan siapa, di mana dan jam berapa tepatnya, tidak bisa diketahui sebagai perlindungan privasi. Namun satu yang pasti dan diketahui adalah si B telah terkontak berat dari si A karena telah berada dekat dengan si A dalam radius satu meter atau kurang," jelasnya.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved