Breaking News:

Dari Ruang Sempit Sampai ke Luar Angkasa, Impian dan Realitas Artis Manga Terkenal Jepang

Satonaka dulu mengaku sering ke gedung yang kini dijadikan Museum Manga Tokiwaso di Toshimaku Tokyo.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Machiko Satonaka (72), artis shoujo mangaka. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Karya para artis top mangaka Jepang sampai mendunia, bahkan memunculkan realitas yang tadinya belum ada seperti roket ke bulan.

"Coba lihat karya Osamu Tezuka, yang memunculkan manga perjalanan ke bulan sebelum ada Apollo dan ternyata jadi kenyataan," kata artis shoujo mangaka, Machiko Satonaka (72) kepada Tribunnews.com, Sabtu (27/6/2020).

Satonaka dulu mengaku sering ke gedung yang kini dijadikan Museum Manga Tokiwaso di Toshimaku Tokyo.

"Saya bertemu dengan beberapa mangaka terkenal Jepang Osamu Tezuka, Fujio Fujiko (A), Fujiko F Fujio, Shotaro Ishinomori, Fujio Akatsuka dan seniman manga terkenal lainnya menghabiskan masa muda mereka di sana," ujarnya.

"Tezuka bukannya selalu berhasil saja, tetapi pernah juga gagal. Tetapi dari kegagalan itu malahan memecut dia untuk berjuang lebih hebat lagi menciptakan karya-karya yang luar biasa. Bahkan kini dikenal dunia dengan Atom, Astro Boy dan tema luar angkasa lainnya padahal belum ada Apollo saat itu," cerita Satonaka mengenang masa lalu.

Museum Tokiwaso, tempat nongkrong para artis manga terkenal di Jepang pada masa lalu.
Museum Tokiwaso, tempat nongkrong para artis manga terkenal di Jepang pada masa lalu. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Terbukti bahwa ruangan kecil bukanlah hambatan bagi kita semua untuk berkarya mendunia.

"Lihat itu lantai dua tempat kerja dan tempat tinggal mereka yang kecil sekali. Di sana diciptakan karya-karya besar dunia, menciptakan realitas dunia yang bukan main dari manga para artis tersebut. Saya mengagumi mereka semua," ujar dia.

Fujiko Fujio pembuat Doraemon misalnya juga sangat terkenal di Indonesia. Karya-karyanya juga diciptakan di dalam gedung tersebut yang kini jadi Museum Tokiwaso.

Baca: Museum Manga Terkenal Jepang, Tokiwaso Dibuka 7 Juli, Tiket Sudah Bisa Dipesan Besok Lewat Internet

Baca: Jepang Curiga dengan Kondisi Kim Jong Un, Ada Pergerakan Aneh di Korea Utara

Ini terbukti grup Facebook Doraemon Indonesia saja memiliki anggota hampir 60.000 orang saat ini dengan aktivitas posting yang tinggi.

Bisa diakses ke: https://www.facebook.com/groups/komunitasdoraemonindonesia/

Museum Manga Tokiwaso sendiri akan dibuka untuk umum mulai 7 Juli 2020 dan tiket masuk gratis dapat dipesan lewat internet mulai Minggu (28/6/2020) besok.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved