Breaking News:

Ilmuwan Temukan Tanda-tanda Kehidupan Alien di Planet Venus

Teleskop berbasis di bumi seperti yang digunakan dalam penelitian ini membantu ilmuwan mempelajari kimia dan karakteristik benda langit lainnya.

badan antariksa Jepang (JAXA)/ Richard Susilo
Planet Venus 

TRIBUNNEWS.COM, AS - Para ilmuwan mendeteksi adanya potensi kehidupan lain di luar Planet Bumi.

Mereka menemukan gas yang sangat asam di Venus, yang disebut fosfin.

Kandungan pada gas tersebut menunjukkan adanya mikroba yang memungkinkan adanya kehidupan.

Kantor berita Reuters , Senin (14/9/2020), melaporkan para peneliti tidak menemukan bentuk kehidupan yang sebenarnya, tetapi mencatat bahwa fosfin di Bumi diproduksi oleh bakteri yang berkembang di lingkungan yang kekurangan oksigen.

Baca: 4 Ramalan Mengejutkan Stephen Hawking yang Bikin Bergidik: Wabah Mengerikan hingga Kontak Alien

Tim ilmiah internasional pertama kali melihat fosfin dengan menggunakan Teleskop James Clerk Maxwell di Hawaii dan mengkonfirmasinya kembali dengen menggunakan teleskop lain di Chili.

“Saya sangat terkejut, bahkan tertegun,” kata astronom Jane Greaves dari Universitas Cardiff di Wales, penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy.

“Dengan apa yang saat ini kita ketahui tentang Venus, penjelasan yang paling masuk akal untuk fosfin, walaupun kedengarannya fantastis, adalah kehidupan,” kata ahli astrofisika molekuler Institut Teknologi Massachusetts dan rekan penulis studi Clara Sousa-Silva.

“Saya harus menekankan bahwa hidup, sebagai penjelasan untuk penemuan kita, harus selalu menjadi pilihan terakhir,” tambah Sousa-Silva.

“Ini penting karena, jika itu fosfin, dan jika itu kehidupan, berarti kita tidak sendiri. Itu juga berarti bahwa kehidupan itu sendiri pasti sangat umum, dan pasti ada banyak planet berpenghuni lain di seluruh galaksi kita,” tambahnya.

Selama ini Venus belum menjadi fokus pencarian kehidupan di tempat lain di tata surya karena ilmuwan lebih fokus pada Mars dan dunia lain.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: VOA
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved