Breaking News:

Impeachment Donald Trump

Patrick Leahy, Senator yang akan Pimpin Sidang Pemakzulan Donald Trump Dilarikan ke Rumah Sakit

Senator berusia 80 tahun yang memimpin persidangan pemakzulan Donald Trump dilarikan ke rumah sakit pada hari Selasa (26/1/2021)

Carolyn Kaster / POOL / AFP
Senator Patrick Leahy, D-VT, berbicara pada awal sidang pengawasan Komite Kehakiman Senat di Capitol Hill di Washington, DC pada tanggal 5 Agustus 2020, untuk memeriksa penyelidikan Crossfire Hurricane. 

TRIBUNNEWS.COM - Senator berusia 80 tahun yang memimpin persidangan pemakzulan Donald Trump dilarikan ke rumah sakit pada hari Selasa (26/1/2021) setelah dirinya terdengar parau dan tidak sehat saat bersumpah di anggota parlemen sebagai juri.

AFP mengabarkan, Patrick Leahy, yang terpilih pada tahun 1974, memimpin persidangan karena ia adalah senator senior partai dengan mayoritas di Senat, yang saat ini adalah Demokrat.

"Malam ini, Senator Leahy berada di kantor Capitol dan merasa tidak enak badan," kata juru bicaranya dalam sebuah pernyataan.

"Karena sangat berhati-hati, dokternya merekomendasikan agar dia dibawa ke rumah sakit setempat untuk diperiksa."

Baca juga: DPR Amerika Serikat Serahkan Pasal Pemakzulan ke Senat untuk Sidang Kedua Donald Trump

Baca juga: Pulang Kampung, Trump Disambut Spanduk Bertulis Presiden Terburuk yang Pernah Ada

Senat Patrick Leahy, (D-Vt) di Rotunda Capitol menunggu pasal pemakzulan terhadap mantan Presiden Donald Trump, di Washington, DC, 25 Januari 2021
Senat Patrick Leahy, (D-Vt) di Rotunda Capitol menunggu pasal pemakzulan terhadap mantan Presiden Donald Trump, di Washington, DC, 25 Januari 2021 (J. Scott Applewhite / POOL / AFP)

Semua 100 senator Amerika Serikat akan menjadi juri dalam persidangan di mana mantan presiden Trump dituduh "menghasut pendukungnya untuk menyerang" Capitol pada 6 Januari lalu.

Sidang akan dibuka pada 9 Februari.

Demokrat diperkirakan akan berjuang untuk membujuk 17 senator Republik - jumlah yang dibutuhkan untuk dua pertiga mayoritas yang diperlukan - untuk memilih untuk menghukum Trump.

Diberitakan sebelumnya, DPR Amerika Serikat baru saja menyerahkan pasal pemakzulan mantan presiden Donald Trump kepada Senat Selasa (26/1/2021) pagi atau Senin malam waktu setempat.

Penyerahan itu menjadi tanda dimulainya hitung mundur persidangan pemazulan yang juga merupakan "penentuan nasib" hubungan Donald Trump dan Partai Republik untuk ke depannya.

Dibutuhkan dua per tiga suara di Senat (67 suara) untuk bisa menjatuhkan hukuman kepada Trump.

Halaman
123
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved