Breaking News:

Impeachment Donald Trump

Donald Trump Bebas dari Pemakzulan, Ini Reaksi dari Berbagai Pihak dan Apa yang Terjadi Selanjutnya

Donald Trump kembali dibebaskan dari pemakzulan. Bagaimana reaksi dari berbagai pihak dan apa yang akan terjadi selanjutnya?

metro.co.uk
Donald Trump Bebas dari Pemakzulan, Ini Reaksi dari Berbagai Pihak dan Apa yang Terjadi Selanjutnya 

TRIBUNNEWS.COM - Senat Amerika Serikat, pada hari Sabtu (13/2/2021) membebaskan mantan Presiden Donald Trump atas tuduhan menghasut kerusuhan di Capitol 6 Januari.

Trump, presiden pertama yang menghadapi dua persidangan pemakzulan, dinyatakan tidak bersalah oleh Senat.

Hasil pemungutan suara yaitu 57-43 untuk mendukung hukuman.

Tetapi butuh 67 suara untuk menghukumnya.

Tujuh Republikan, memilih untuk menghukum Trump, menjadikannya pemungutan suara pemakzulan paling bipartisan dalam sejarah Amerika.

"Babak menyedihkan dalam sejarah kita ini mengingatkan kita bahwa demokrasi itu rapuh. Demokrasi harus selalu dipertahankan," kata Presiden Joe Biden setelah persidangan itu, dilansir CNET.

"Tindakan Trump yang mendahului kerusuhan adalah kelalaian tugas yang memalukan," kata Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, beberapa menit setelah pemungutan suara untuk membebaskan Trump.

Baca juga: Trump Kembali Lolos dari Pemakzulan, Biden: Bagian Menyedihkan dalam Sejarah Kita

Baca juga: Rangkuman Sidang Pemakzulan Donald Trump Hari ke-4: Tim Kuasa Hukum Trump Sampaikan Pembelaannya

Donald Trump melambai setelah mendarat di Bandara Internasional Palm Beach di West Palm Beach, Florida, pada 20 Januari 2021.
Donald Trump melambai setelah mendarat di Bandara Internasional Palm Beach di West Palm Beach, Florida, pada 20 Januari 2021. (ALEX EDELMAN / AFP)

"Tidak ada tanda tanya, tidak ada, bahwa Presiden Trump secara praktis, dan secara moral, bertanggung jawab untuk memprovokasi peristiwa hari itu. Tidak ada pertanyaan tentang itu."

Meskipun mendapat teguran keras, McConnell mendukung pemungutan suara bahwa "mantan Presiden Trump secara konstitusional tidak memenuhi syarat untuk dihukum."

Lantas, apa yang terjadi pada hari terakhir yang dapat mengubah fokus persidangan? Apa yang Trump katakan tentang pembebasannya? Apa yang bisa terjadi selanjutnya untuk Trump?

Halaman
1234
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Muhammad Renald Shiftanto
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved